SMPN 3 Selat Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional 2018

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 29 Agustus 2018 11:01, Dibaca 1,944 kali.


MMCKalteng - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Selat Kabupaten Kapuas menjadi salah satu Sekolah yang terpilih untuk dilakukan penilaian sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2018. Sebelum menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, SMPN 3 Selat terlebih dahulu dilakukan penilaian langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah didampingi H.Samsurahman selaku Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Kapuas, Rabu (29/8) pagi.

Adapun Tim penilai pada hari itu Pelaksana Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Provinsi Kalimantan Tengah Jonpri dan Viladelvia. Jonpri menerangkan untuk Kabupaten Kapuas sendiri ada lima Sekolah yang akan dilakukan penilaian untuk menuju Sekolah Adiwiyata terdiri dari satu SDN, dua SMPN, dan dua SMAN.

(Baca Juga : Disdik Kalteng Targetkan 4000 Penerima Beasiswa di Tahun 2019)

Ketua Adiwiyata Sekolah SMPN 3 Selat Rahma Fitri Awal, menerangkan bahwa di sekolah tersebut memiliki karakter lingkungan serta visi, misi dan kurikulum yang tidak lepas dari lingkungan, seperti berwawasan lingkungan, ramah lingkungan serta pengurangan limbah di sekolah. "Di sekolah kita ini juga memanfaatkan barang yang tidak terpakai menjadi hal yang berguna seperti yang kita pajang saat ini, begitu juga sampah organik disini kita akan menjadikannya sebagai kompos,” ucapnya.

Lebih lanjut ia juga menerangkan bahwa sebelum memulai pelajaran di SMPN 3 Selat terlebih dahulu melakukan kegiatan pagi bersih dan sehat serta memiliki kegiatan mingguan seperti jumat bersih dan jumat iman dan taqwa atau yang lebih di kenal dengan Jumat Imtaq.

Selain berkeliling-keliling tim penilai juga melihat langsung demonstrasi komposter yang ada di sekolah yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai lokasi penilaian Sekolah Sehat Nasional tahun 2018 yang mewakili Kalimantan Tengah.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 3 Selat Harini Irawati, berharap setelah dilakukannya penilaian tersebut SMPN 3 Selat dapat menuju sekolah adiwiyata tingkat Nasional tahun 2018. (hmskominfo)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook