Pj Bupati Inspektur Upacara Detik - Detik Proklamasi

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 17 Agustus 2018 09:34, Dibaca 31 kali.


MMCKalteng - Pemerintah Kabupaten Kapuas, menggelar upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih, dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke – 73 Republik Indonesia, di Stadion Olahraga Panunjung Tarung, Kuala Kapuas, Jumat (17/8).

Bertindak selaku inspektur upacara Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Agus Pramono, S.Sos, pembaca Naskah Proklamasi ditugaskan kepada Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan, S.Hut.

(Baca Juga : Maraknya Covid-19, Satuan Gugus Tugas Gumas Rapat Pembahasan Adaptasi Kebiasaan Baru)

Tampak hadir, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Andayani Agus Pramono, Forkopimda Kabupaten Kapuas masing-masing beserta isteri, Bupati dan Wakil Bupati terpilih yaitu Ir Ben Brahim S Bahat MM MT dan H M Nafiah Ibnoor MM masing-masing beserta isteri, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, pejuang yang tergabung dalam Legiun Veteran RI, Purnawirawan TNI/Polri, Wredatama, Warakawuri, para pensiun PNS, Pramuka dan pelajar SLTP/SLTA sederajat serta perguruan tinggi.

Upacara detik-detik proklamasi berlangsung dengan hikmat dan lancar, salah satunya ditandai dengan suksesnya Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kabupaten Kapuas Tahun 2018 menjalankan tugas misinya mengibarkan Bendera Merah Putih.

Dengan penuh semangat dan disiplin yang tinggi serta dengan langkah tegap, 70 anggota Paskibraka yang sebelumnya telah dilantik atau dikukuhkan pada hari Rabu (15/8) lalu, terdiri dari para pelajar terpilih dari masing-masing sekolah di kecamatan se Wilayah Kabupaten Kapuas berhasil mengibarkan Bendera Sang Merah Putih satu tiang penuh tanpa ada kesalahan sedikit pun.

Adapun, bertindak sebagai Komandan Pasukan Kasat Pol Air Polres Kapuas AKP Puji Widodo, Pembawa Baki dalam upacara penaikan bendera Tyas Windiarti (SMKN – 1 Maritim Kecamatan Kapuas Kuala ) dan Cadangan Pembawa Baki Esterlita (SMAN – 1 Kuala Kapuas).

Penarik tali yaitu Wahidin Dimas Sumarno (SMAN -2 Kuala Kapuas), Pengulur Tali Muhammad Rizal Adi Putera (SMAN – 1 Kuala Kapuas), serta Pembentangan Bendera Rizky Kurniawan (SMAN – 2 Kuala Kapuas).

Dalam rangkaikan upacara dilaksanakan penyampaian pemberian penghargaan kepada para Pegawai Negeri Sipil diantaranya Satya Lencana 10, 20 dan 30 tahun.

Pj Bupati Kapuas ketika ditemui awak media usai upacara menyampaikan rasa bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Paskibraka Kabupaten Kapuas Tahun 2018 yang mana telah menjalankan tugas dengan baik, menjaga kekompakan sehingga tidak ada kesalahan sedikitpun dalam mengibarkan Bendera Merah Putih.

Ia mengungkapkan, makna 17 Agustus merupakan tahun politik yang mana situasi dan kondisinya cukup aman dan kondusif. “Saya melihat semangat masyarakat untuk memperingati Kemerdekaan RI sangat semarak dan membanggakan sekali,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada masyarakat dalam menghadapi musim kemarau untuk menjaga lingkungan tempat tinggal, jangan sampai ada kebakaran lahan, rumah maupun kantor. “Mari kita jaga bersama-sama sekitar lingkungan tempat tinggal kita, supaya tidak terjadi kebakaran atau hal-hal yang tidak diinginkan,”imbuhnya.

Selain itu, dalam rangkaikan kegiatan yang dilaksanakan, sebelum pagi harinya melaksankaan Upacara Detik-detik Proklamasi, malam harinya pukul 23.00 WIB dilaksanakan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan “Kencana” Kuala Kapuas. (hmskominfo)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook