Kota Palangka Raya Tuan Rumah Rakonreg PDRB 2018 Se Kalteng

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 15 Mei 2018 08:01, Dibaca 39 kali.


MMCKalteng - Rapat Konsultasi Analisis Ekonomi Regional ( Rakonreg) Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio di Hotel Luwansa Palangka Raya, Senin (14/05/2018).

Peserta Rakonreg PDRB dihadiri oleh Bappedalitbang Provinsi Kalteng, BPS Provinsi Kalteng, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Bappedalitbang Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah, BPS Kota Palangka Raya, Diskominfo, Satatistik dan Persandian dan SOPD jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Ivo Sugianto Sabran : Kita Gunakan Transaksi Non Tunai Pada Event Gebyar Safari Ramadhan)

Rakonreg PDRB se Kalimantan Tengah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, untuk tahun 2018 ini Pemerintah Kota Palangka Raya di percaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan rakonreg PDRB, bertema " Pengembangan Sektor  Pariwisata Dalam Menyongsong Bonus Demografi Untuk Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Daerah", sedangkan sub temanya " Perluasan Kesempatan Kerja Melalui Peningkatan Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) dalam industri pariwisata`.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Palangka Raya menyampaikan bahwa Pertumbuhan ekonomi di suatu daerah sangat ditentukan oleh kemampuan daerah dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan potensi pengembangan ekonomi serta peluang keunggulan di masing-masing daerah.

Terkait potensi dalam rangka pembangunan ekonomi, Bangsa Indonesia dalam abad ke-21 menghadapi bonus demografi, yaitu populasi usia non usia produktif, yaitu pada angka ketergantungan 49,4 % dan secara konstan menurun sampai dengan tahun 2035.

Berdasarkan data BPS angka ketergantungan di Kalimantan Tengah tahun 2016 sebesar 45,5 % pada tahun 2017 diproyeksikan angka ketergantungan tahun 2017 sebesar 43,1%. 

Kepala Bappeda Kota Palangka Raya selaku ketua panitia tahun 2018, Hera dalam laporannya menyampaikan tujuan penyelenggaraan Rakonreg PDRB tahun 2018 menciptakan suatu keserasian informasi tentang pembangunan dan perkembangan ekonomi regional Kalimantan Tengah dan peningkatan program pembangunan daerah yang baik dari berbagai sektor untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan setiap kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Mekanisme rakonreg PDRB meliputi dua sesi yaitu pertama paparan narasumber dari BPS RI, Kementerian PPN/Bappenas, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah  dan Bank Indonesia Perwakilan Kalteng.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook