Badan Informasi Geospasial Menggelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) Region Kalimantan.

Kontribusi dari Rikah Mustika, 24 April 2018 16:20, Dibaca 818 kali.


MMC Kalteng – Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Nasional Region Kalimantan diselenggarakan di Hotel GranSenyiur Balikpapan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 24-25 April. Acara tersebut diikuti oleh peserta dari semua Provinsi yang ada di Kalimantan, termasuk Kalimantan Tengah yaitu Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah dan BAPPEDALITBANG Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini bertujuan untuk mensinergikan percepatan pelaksanaan kebijakan satu peta sesuai dengan Perpres No. 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Satu Peta untuk integrasi IGT Nasional sehingga dapat berbagi pakai data sesuai dengan klasifikasi akses masing-masing IGT melalui Geoportal Nasional.

Acara ini membahas mengenai infrastruktur simpul jaringan, katalog unsur geografi dan pengenalan geoportal PALAPA versi 3.4, dengan narasumber dari Badan Informasi Geospasial yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel serta pelatihan pengintegrasian data spasial masing-masing Provinsi.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Rapat Penerapan PPKM Berskala Mikro Sesuai Dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 04 Tahun 2021 )

Harapannya dengan adanya acara ini dapat beroperasinya fungsi simpul jaringan dan infrastruktur data spasial pemerintah daerah, sehingga dapat digunakan berbagai pakai data melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN). (agp)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook