Hari Sumpah Pemuda Ke- 89 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) tahun 2017

Kontribusi dari Rikah Mustika, 28 Oktober 2017 11:15, Dibaca 1,109 kali.


 

MMC Kalteng - Sumpah pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia delapan puluh sembilan tahun lalu. Memperingati salah satu hari penting dalam sejarah bangsa ini, lebih dari 1300 pemuda dari tiga belas kabupaten dan satu kota se Kalimantan Tengah, pagi tadi, Sabtu (28/10) di Lapangan Sanaman Mantikei melaksanakan upacara peringatannya yang ke 89. dirangkai dengan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB), dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dan dihadiri perwakilan seluruh SOPD Provinsi Kalimantan Tengag, Ormas dan Organisasi Kepemudaan.

(Baca Juga : Bupati Irup Harjad dan HUT Kapuas )

 

Teks Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) dan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928 dibacakan oleh 4 orang perwakilan pemuda sebagai bentuk komitmen pemuda ambil bagian dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI,yang dibacakan oleh Wagub, Habib Said Ismail menyampaikan bahwa 89 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 oktober 1928,sebanyak 71 orang pemuda mengikrarkan diri sebagai satu nusa,satu bangsa dan satu bahasa,yaitu Indonesia.17 tahun kemudian tepat tanggal 17 agustus 1945 melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Preseiden pertama RI,Ir. Soekarno mengatakan jangan pernah mewarisi abu sumpah pemuda,tetapi warisilah api sumpah pemuda, oleh karena itu kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Acara dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu penyerahan trophy dan penghargaan kepada pemuda pelopor tingkat nasional dan tingkat provinsi Kalimantan Tengah,penyerahan trophy dan penghargaan I,II,III pertandingan bola voli campuran se-Kabupaten/Kota Kalimantan Tengah,penandatanganan MoU tentang penyelamatan dunia pendidikan dari bahaya narkoba,serta pembubuhan tanda tangan komitmen "Bersatu untuk Kalteng Berkah" diatas kain putih sepanjang 89 meter. (Rikah - Foto : MMC)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook