Tokoh Adat Dayak Gelar Deklarasi Damai

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 05 April 2018 09:31, Dibaca 87 kali.


MMCKalteng- Para Tokoh Adat Dayak yang ada di Kota Palangka Raya Rabu ( 4/4/2018) berkumpul di rumah jabatan (Rujab) Walikota Palangka Raya untuk melaksanakan deklarasi damai untuk menghadapi pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) serentak 2018.

Kehadiran para tokoh adat Dayak  yang terdiri dari para Damang dan Mantir Adat serta Panatua Adat Dayak se Kota Palangka Raya. Deklarasi yang dipimpin Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Palangka Raya, Mambang Tubil membacakan empat poin deklarasi damai, yakni, pertama mendukung pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Palangka Raya secara demokratis dan damai.Kedua, bersikap netral dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.Ketiga, bekerjasama mewujudkan ketertiban dan ketentraman masyarakat dengan mendorong pelayanan, pengayoman dan penegakan hukum oleh Kepolisian Republik Indonesia yang profesional dan berkeadilan dengan memperhatikan adat dan budaya dayak Kalimantan Tengah, dan terakhir adalah berkomitmen untuk mengajak masyarakat Kalimantan Tengah untuk menjunjung filosofi " belum bahadat" atau adat daerah dalam wilayah " huma betang", serta melaksanakan pribahasa " dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung".

(Baca Juga : Plt. Sekda Pulang Pisau : Setiap Tanggal 17 ASN dan TKHL Wajib Ikut Apel Gabungan)

Sementara itu Walikota Palangka Raya, H.M. Riban Satia yang juga sebagai Ketua DAD Kota Palangka Raya usai pelaksanaan deklarasi, mengharapkan kegiatan deklarasi tersebut dapat menjadi komitment bersama dalam menciptakan Pilkada berkualitasdan damai.

" Apa yang di deklarasikan hari ini bukan hanya ungkapan tetapi sebagai komitment untuk dilaksanakan oleh para tokoh adat Dayak dalam setiap sendi kehidupan, ucapnya". Sedangkan Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengajak seluruh masyarakat untuk turut aktif dalam menciptakan suasana Pilkada damai.

" Apapun yang dilakukan Pemerintah termasuk para aparat dalam menciptakan Pilkada damai dan berkualitas tidak akan maksimal jika masyarakat tidak aktif mendukung upaya tersebut," tegasnya.

Dalam deklarasi tersebut turut dihadiri jajaran SOPD dan jajaran Forkopinda lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya. ( Martiana Winarsih).

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook