Update Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 9 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 12 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 15 Juli 2020 16:13, Dibaca 1,167 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya -  Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan sebanyak 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalteng sudah terdampak Covid-19. Dari 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalteng yang terdampak, Kabupaten Sukamara sudah menjadi zona hijau karena dilaporkan tidak ada kasus. Sementara, Kabupaten Lamandau dilaporkan mengalami hal yang sama yakni sudah tidak ada kasus aktif selama 28 hari terakhir sehingga secara kriteria sudah dapat katakan zona hijau.  Berdasarkan rilis Gugus Tugas Pusat masih dikategorikan zona kuning.

Kabupaten Seruyan juga sama yakni sudah tidak ada kasus aktif tetapi belum mencapai 28 hari sehingga belum dikategorikan zona hijau. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng melalui tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Herlina Eka Shinta, M.Biomed, Sp.PA dalam press release yang digelar pada Rabu (15/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 131 Orang dan Konfirmasi Baru 133 Orang)

Berdasarkan data terbaru yang dirilis, dr. Herlina Eka Shinta menyampaikan kembali terjadi penambahan sebanyak 9 orang dalam 24 jam terakhir pada jumlah pasien sembuh Covid-19. Saat ini jumlah pasien sembuh Covid-19 di Kalteng telah mencapai 795 orang.

Sebanyak 9 orang yang baru dinyatakan sembuh yakni  5 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Kapuas.

Diketahui, Sebanyak 9 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 3 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 4 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas dan 2 orang lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di RS Siloam Palangka Raya.

Total sebanyak 795 orang dinyatakan sembuh termasuk 9 orang yang baru dinyatakan sembuh Covid-19, masing-masing sebanyak 317 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 3 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 110 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 46 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 105 orang, 4 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 29 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 38 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 2 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 16 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 8 orang berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh,  RSUD Pulang Pisau 7 orang, 36 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 7 orang berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 18 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 14 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara, 9 orang berdasarkan hasil dari RSUD TNI,  isoslasi mandiri 3 orang,  RSUD Kuala Kurun 15 orang, 4 orang berdasarkan hasil dari RS Betang Pambelum, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir,  8 orang berdasarkan hasil dari RSI PKU Muhamadiyah dan 3 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Tamiang Layang.

dr.Herlina Eka Shinta juga menuturkan, ada penambahan sebanyak 12 orang pada jumlah kasus positif Covid-19 di Kalteng. Jumlah kasus positif saat ini telah mencapai 1258 kasus.

Sebanyak 12 orang tersebut, masing-masing 1 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya dan 1 orang lainnya  merupakan warga asal Kabupaten Kapuas.

Terkonfirmasi positif yang baru saat ini sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 3 orang, 1 orang berada di RSUD RSUD Soemarno Sostroatmojo, 1 orang berada di RS Bhayangkara, 1 orang berada di RSUD TNI dan 6 orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

Saat ini, total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 1258 yakni 795 orang sudah dinyatakan sembuh, 72 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 391 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 391 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 53 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tetap 70 orang, RSUD Murjani Sampit tetap 5 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 66 orang, RSUD Puruk Cahu tersisa 25 orang, RS Siloam Palangka Raya tersisa 14 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 7 orang, RSUD Jaraga Sasameh tersisa 7 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 11 orang, RS Kota Palangka Raya tetap 21 orang, RSUD Muara Teweh tetap 19 orang, RS Bhayangkara menjadi 25 orang, RSUD TNI menjadi 8 orang, menjalani isolasi mandiri menjadi 14 orang, RSUD Kuala Kurun tetap 9 orang, RS Betang Pambelum tetap 13 orang, RSI PKU Muhamadiyah tetap 10 orang dan RSUD Tamiang Layang tetap 14 orang saat ini.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 5,7 persen. dr. Herlina Eka Shinta mengungkapkan bahwa jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 saat ini tetat sebanyak 72 orang. Tidak ada penambahan dibanding tanggal 14 Juli 2020.

Lebih lanjut disampaikan oleh dr. Herlina Eka Shinta, saat ini sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng  berada di 13 Kabupaten/Kota. Jumlah kasus PDP saat ini menjadi 105 orang setelah ada penambahan sebanyak 13 orang dalam 24 jam terakhir.

PDP di RSDS Palangka Raya menjadi 14 orang saat ini,  RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 11 orang, RSUD Pulang Pisau menjadi 3 orang, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tetap 22 orang, RS Siloam menjadi 6 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 3 orang, Bhayangkara tetap 4 orang, RSUD Muara Teweh menjadi 8 orang,  PDP di RSUD Lamandau tetap 2 orang, RSUD Jaraga Sasameh tersisa 24 orang saat ini, PDP di RS Kota Palangka Raya tetap 1 orang, RS Kuala Pembuang menjadi 3 orang, di RSUD Tamiang Layang menjadi 2 orang, RSUD Puruk Cahu menjadi 1 orang dan RSUD Kuala Kurun menjadi 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka 18 orang, Kabupaten Pulang Pisau 6 orang, Kabupaten Katingan 3 orang, Kabupaten Kapuas 11 orang,  Kabupaten Kotawaringin Barat 21 orang,  Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Seruyan 5 orang, Kabupaten Barito Utara 8 orang, Kabupaten Lamandau 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 25 orang, Kabupaten Gunung Mas 1 orang, Kabupaten Barito Timur 3 orang dan Kabupaten Murung Raya 1 orang.

Terakhir disampaikan dr. Herlina Eka Shinta, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan juga mengalami penambahan sebanyak 29 orang dalam 24 jam terakhir. Jumlah ODP di Kalteng saat ini menjadi 234 orang. ODP terbanyak ada di Kabupaten Katingan berjumlah 95 orang. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook