Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 19 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 10 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 06 Juli 2020 16:56, Dibaca 99 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan, bahwa sampai dengan saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang sudah mengalami kesembuhan sebanyak 549 orang atau sekitar 52,9% dari konfirmasi kasus positif Covid-19. Hal ini merupakan kabar baik bagi masyarakat Kalteng  karena sudah semakin banyak yang mengalami kesembuhan.

Gubernur H. Sugianto Sabran juga memberikan dukungan moril kepada seluruh pasien yang masih dirawat agar tetap bersemangat, suka cita, bersyukur, sehingga dapat mengalami pemulihan lebih cepat.

(Baca Juga : Gubernur H. Sugianto Sabran : Kalteng Siap Menjadi Provinsi Penyangga Pangan Nasional)

Gubernur juga menyampaikan kepada seluruh masyakarat Kalteng mengenai penerapan tatanan hidup baru atau new normal. Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, bahwa tatanan kehidupan baru bukan berarti kembali ke kondisi normal seperti dulu, melainkan memulai aktivitas normal dengan kebiasaan baru, minimal melakukan 3 hal yaitu  selalu menjaga jarak, menggunakan masker ketika keluar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng melalui tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Caroline Ivonne dalam press release yang digelar pada Senin (05/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Dalam keterangannya, dr. Caroline Ivonne menyampaikan, penambahan dalam jumlah banyak terus terjadi pada jumlah pasien sembuh Covid-19 di Kalteng. Saat ini jumlah pasien sembuh Covid-19 telah mencapai 549 orang setelah ada penambahan dalam 24 jam terakhir sebanyak 19 orang.

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 19 orang diantaranya 13 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara dan 3 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas.

Sebanyak 19 orang tersebut, masing-masing 13 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 1 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Murjani Sampit, 2 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RS Kota Palangka Raya, 1 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Muara Teweh, 1 orang yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri dan 1 orang lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Kuala Kurun.

Total sebanyak 549 orang dinyatakan sembuh termasuk 19 orang yang baru dinyatakan sembuh Covid-19, masing-masing sebanyak 235 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 13 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 94 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 37 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 41 orang, 23 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 29 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 15 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 6 orang berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh, RSUD Pulang Pisau 7 orang, 16 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 2 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 3 orang berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 5 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 14 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara, 7 orang berdasarkan hasil dari RSUD TNI, isoslasi mandiri 3 orang, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, RSUD Kuala Kurun 7 orang, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 3 orang berdasarkan hasil dari RS Betang Pambelum dan 2 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSI PKU Muhamadiyah.

Disampaikan juga oleh dr. Caroline Ivonne, sampai saat ini terkonfirmasi positif di Kalteng masih mengalami penambahan. Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 telah mencapai 1037 kasus. Dalam 24 jam terakhir dilaporkan telah terjadi penambahan pada kasus positif sebanyak 10 orang.

Sebanyak 10 orang tersebut, masing-masing 6 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas.

Terkonfirmasi positif yang baru saat ini sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 2 orang, berada di Murjani Sampit 2 orang, RS Siloam Palangka Raya 1 orang, RSUD Mas Amsyar 1 orang, RSUD TNI 2 orang, isolasi mandiri 1 orang dan RSUD Kuala Kurun 1 orang.

Saat ini, total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 1037 yakni 549 orang sudah dinyatakan sembuh, 62 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 426 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 426 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya tersisa 101 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tetap 34 orang, RSUD Murjani Sampit tersisa 9 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 101 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 17 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 23 orang, RSUD Mas Amsyar menjadi 3 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 6 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 2 orang, RS Kota Palangka Raya tersisa 26 orang, RSUD Muara Teweh tersisa 13 orang, RS Bhayangkara tetap 25 orang, RSUD TNI menjadi 5 orang, menjalani isolasi mandiri tetap 9 orang, RSUD Kuala Kurun tetap 16 orang, RS Betang Pambelum tetap 13 orang, RSI PKU Muhamadiyah tetap 12 orang dan RSUD Tamiang Layang tetap 11 orang saat ini.

Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Caroline Ivonne kembali menyampaikan, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 6,0 persen. Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 tetap sebanyak 62 orang saat ini. Tidak ada penambahan dibanding tanggal 05 Juli 2020.

dr. Caroline Ivonne kembali menuturkan, saat ini sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng berada di 12 Kabupaten/Kota. Dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus PDP dilaporkan mengalami penambahan. Jumlah kasus PDP saat ini menjadi 106 orang setelah ada penambahan sebanyak 4 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya tersisa 22 orang saat ini, RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 12 orang, RSUD Pulang Pisau tersisa 4 orang, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun menjadi 30 orang, RS Siloam tetap 4 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 8 orang, Bhayangkara tetap 4 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap 2 orang saat ini, RSUD Muara Teweh 2 orang, PDP di RSUD Lamandau tersisa 3 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang tetap 2 orang, RSUD Jaraga Sasameh menjadi 8 orang saat ini, PDP di RSUD Puruk Cahu tetap 1 orang dan PDP di RS Kota Palangka Raya menjadi 4 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka 21 orang, Kabupaten Pulang Pisau 6 orang, Kabupaten Katingan 10 orang, Kabupaten Kapuas 13 orang, Kabupaten Murung Raya 2 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 30 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Seruyan 3 orang, Kabupaten Barito Utara 2 orang, Kabupaten Lamandau 3 orang, Kabupaten Barito Timur 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 9 orang dan Kabupaten Gunung Mas 2 orang.

Terakhir disampaikan oleh dr. Caroline Ivonne, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan tersisa 244 orang, ada pengurangan sebanyak 5 orang dibanding tanggal 05 Juli 2020. ODP terbanyak ada di Kabupaten Kotawaringin Timur berjumlah 104 orang. (WDY/Foto:Aldo)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook