Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 8 Orang Dan 5 Orang Terkonfirmasi Positif

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Juni 2020 15:47, Dibaca 949 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng terus menerus mengajak masyarakat Kalteng untuk disiplin menjaga jarak dan memakai masker dalam menjali kehidupan bersosial sehari-hari.

"Masyarakat yang tidak disiplin menjaga jarak dan tidak memakai masker menjadi faktor utama masih adanya kasus baru penularan Covid-19. Gubernur Kalteng memastikan kepada seluruh masyarakat Kalteng penanganan Covid-19 terus menerus dilaksanakan bersama dengan seluruh elemen masyarakat", ucap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng melalui tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng Rita Juliawati, SKM, M.Si dalam press release yang digelar pada Jumat (26/06/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : Gugus Tugas Covid-19 Sampaikan Info Terkini Penanganan di Kalteng)

Rita Juliawati saat menyampaikan perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19 di Kalteng mengatakan bahwa jumlah pasien sembuh Covid-19 di Kalteng saat ini telah mencapai 335 orang, setelah kembali ada penambahan sebanyak 8 orang dalam 24 jam.

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 8 orang diantaranya 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Sukamara, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Seruyan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan dan 3 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Sebanyak 8 orang yang baru dinyatakan sembuh, diantaranya 2 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mujani Sampit, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas, 3 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh.

Total sebanyak 335 orang dinyatakan sembuh Covid-19, masing-masing sebanyak 138 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 75 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 2 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 31 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 14 orang, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 18 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 3 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 24 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 5 orang berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, RSUD Pulang Pisau 1 orang, 8 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 6 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara.

Lebih lanjut disampaikan, Rita Juliawati jumlah kasus positif di Kalteng kembali mengalami penambahan. Terkonfirmasi positif Covid-19 telah mencapai 815 kasus. Dalam 24 jam terakhir dilaporkan telah terjadi penambahan pada pasien terkonfirmasi positif sebanyak 5 orang.

Sebanyak 5 orang tersebut merupakan warga asal Kota Palangka Raya. Kelima orang yang baru terkonfirmasi positif saat ini sebanyak 3 orang berada di RS Betang Pambelum dan 2 orang lainnya berada di RSI PKU Muhamadiyah.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan sebanyak 2 orang terkonfirmasi positif, berpindah tempat perawatan. Kedua orang tersebut yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri, pindah tempat perawatan ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 815 yakni 355 orang sudah dinyatakan sembuh, 52 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 428 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 428 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 152 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tersisa 20 orang, RSUD Murjani Sampit tersisa 7 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 103 orang, RSUD Puruk Cahu tersisa 11 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 23 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 4 orang, RSUD Jaraga Sasameh tersisa 2 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 8 orang, RS Kota Palangka Raya tetap 22 orang, RSUD Muara Teweh tetap 1 orang, RS Bhayangkara tetap 16 orang, RSUD Lamandau tetap 7 orang, RSUD TNI tetap 8 orang, menjalani isolasi mandiri tersisa 8 orang, RSUD Kuala Kurun tetap 21 orang, RS Betang Pambelum menjadi 6 orang, RSI PKU Muhamadiyah menjadi 4 orang dan RSUD Tamiang Layang tetap 5 orang saat ini

. Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng Rita Juliawati juga menyampaikan, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini tetap berada di angka 6,4 persen. Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 tetap sebanyak 52 orang saat ini. Tidak ada penambahan dibanding tanggal 25 Juni 2020.

Rita Juliawati kembali menuturkan, saat ini sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng masih tetap berada di 13 Kabupaten/Kota. Dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus PDP dilaporkan kembali mengalami penambahan sebanyak 12 orang. Jumlah kasus PDP saat ini menjadi 128 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya menjadi 41 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas menjadi 25 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau tetap 10 orang saat ini, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tersisa 19 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar menjadi 4 orang, PDP di RS Bhayangkara tetap 2 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tersisa 3 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh menjadi 6 orang, PDP di RSUD Lamandau tersisa 5 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang menjadi 8 orang, RSUD Jaraga Sasameh menjadi 2 orang saat ini, RSUD Puruk Cahu tetap 1 orang dan PDP di RS Kuala Pembuang menjadi 1 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka 30 orang, Kabupaten Pulang Pisau 10 orang, Kabupaten Katingan 6 orang, Kabupaten Kapuas 26 orang, Kabupaten Gunung Mas 2 orang, Kabupaten Murung Raya 2 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 18 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 5 orang, Kabupaten Seruyan 4 orang, Kabupaten Barito Utara 6 orang, Kabupaten Lamandau 5 orang, Kabupaten Barito Timur 9 orang dan Kabupaten Barito Selatan 5 orang.

Terakhir disampaikan oleh Rita Juliawati, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan menjadi 284 orang, ada penambahan sebanyak 19 orang dibanding tanggal 25 Juni 2020. ODP terbanyak ada di Kabupaten Katingan berjumlah 97 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook