Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 8 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 35 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 18 Juni 2020 15:53, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Peningkatan dalam jumlah banyak kembali terjadi pada jumlah Pasien sembuh Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng).

Berdasarkan data yang rilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, jumlah pasien sembuh dari Covid-19 per Kamis (18/06/2020) Pukul 15.00 WIB mencapai 282 orang, setelah kembali ada penambahan sebanyak 8 orang dalam 24 jam.

(Baca Juga : Data Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 22 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 23 Orang)

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 8 orang diantaranya 3 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 4 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Seruyan.

Sebanyak 8 tersebut yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, masing-masing 3 orang berdasarkan hasil dari RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya, 4 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit.

Total sebanyak 282 orang termasuk 8 orang yang baru dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, masing-masing sebanyak 125 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 3 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 56 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 4 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 29 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 11 orang, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 21 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 3 orang berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh, RSUD Pulang Pisau 1 orang, 4 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 6 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara.

Jumlah kasus positif di Kalteng juga masih mengalami penambahan yang signifikan yakni sebanyak 35 orang.

Terkonfirmasi positif yang baru diantaranya 12 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau, 16 orang merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur.

Terkonfirmasi positif yang baru dalam 24 jam terakhir, saat ini sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 7 orang, berada di RSUD Murjani 2 orang, berada di RSUD Mas Amsyar 2 orang, berada di RSUD Pulang Pisau 1 orang, berada di RS Kota Palangka Raya 2 orang, RS Bhayangkara 1 orang, 3 orang menjalani isolasi mandiri, RSUD Kuala Kurun 16 orang dan 1 orang lainnya berada di RSUD Tamiang Layang.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan juga terdapat 3 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berpindah tempat perawatan. Sebanyak 3 orang tersebut, yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Kuala Kurun, pindah tempat perawatan ke RS Siloam Palangka Raya.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 736 orang yakni 282 orang sudah dinyatakan sembuh, 44 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 410 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 410 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 127 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tersisa 35 orang, RSUD Murjani Sampit menjadi 9 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tetap 102 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 16 orang, RS Siloam Palangka Raya menjadi 21 orang, RSUD Mas Amsyar menjadi 4 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 3 orang, RSUD Pulang Pisau menjadi 6 orang, RS Kota Palangka Raya menjadi 19 orang, RSUD Muara Teweh tetap 1 orang, RS Bhayangkara menjadi 11 orang, RSUD Lamandau tetap 7 orang, RSUD TNI tetap 8 orang, menjalani isolasi mandiri menjadi 14 orang, RSUD Kuala Kurun menjadi 20 orang, RS Betang Pambelum tetap 3 orang, RSI PKU Muhamadiyah tetap 1 orang dan RSUD Tamiang Layang menjadi 3 orang saat ini.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng berada di angka 6,0 persen. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan tidak terjadi penambahan pada jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 yakni tetap 44 orang saat ini.

Sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini masih berada di 14 Kabupaten/Kota. Dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus PDP dilaporkan mengalami penambahan sebanyak 12 orang. Jumlah kasus PDP saat ini menjadi 96 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya tersisa 10 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas menjadi 11 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau tersisa 4 orang saat ini, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tersisa 24 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya tersisa 3 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar tersisa 2 orang, PDP di RS Bhayangkara menjadi 20 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit menjadi 4 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tersisa 2 orang, PDP di RSUD Lamandau tetap 6 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang menjadi 6 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 1 orang saat ini dan RSUD Puruk Cahu menjadi 3 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka 23 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Katingan 4 orang, Kabupaten Kapuas 12 orang, Kabupaten Murung Raya 3 orang, Kabupaten Gunung Mas 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 22 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 2 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Barito Utara 2 orang, Kabupaten Lamandau 6 orang, Kabupaten Barito Timur 6 orang, Kabupaten Sukamara 2 orang dan Kabupaten Barito Selatan 3 orang.

Kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan mengalami penambahan sebanyak 13 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 235 orang saat ini.

ODP terbanyak ada di Kabupaten Katingan berjumlah 82 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook