Update Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 3 Orang, Terkonfirmasi Positif 13 Orang Dan 1 Orang Meninggal Dunia

Kontribusi dari Widia Natalia, 12 Juni 2020 16:31, Dibaca 18 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Jumlah pasien sembuh Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) kembali bertambah.

Berdasarkan data yang rilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, jumlah pasien sembuh dari Covid-19 per Jumat (12/06/2020) Pukul 15.00 WIB mencapai 218 orang, setelah kembali ada penambahan sebanyak 3 orang dalam 24 jam.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Buka Kegiatan Webinar Nasional )

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 3 orang yakni 1 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Sukamara dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya. Sebanyak 3 tersebut, 1 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya 1 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RS Kota Palangka Raya dan 1 orang lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Sukamara.

Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 hingga saat ini sebanyak 218 orang termasuk 3 orang yang baru dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, masing-masing sebanyak 104 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 37 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 25 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 8 orang, 8 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 19 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 9 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 3 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 1 orang yang baru sembuh berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara.

Jumlah kasus positif di Kalteng dilaporkan juga masih terus meningkat. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan telah terjadi penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 13 orang. Terkonfirmasi positif yang baru diantaranya 4 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara dan 3 orang lainnya warga asal Kabupaten Murung Raya.

Terkonfirmasi positif yang baru dalam 24 jam terakhir, saat ini sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 1 orang, berada di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 2 orang, berada di RSUD Murjani Sampit 2 orang, berada di RSUD Puruk Cahu 3 orang, berada di RSUD Muara Teweh 1 orang, berada di RSUD TNI 1 orang, berada di RSI PKU Muhamadiyah 2 orang dan 1 orang berada di RSUD Tamiang Layang. dan 8 orang lainnya sedang berada di RSUD Puruk Cahu.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan juga terdapat 2 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berpindah tempat perawatan. Sebanyak 2 orang tersebut yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri, pindah tempat perawatan ke RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 563 orang yakni 218 orang sudah dinyatakan sembuh, 30 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 315 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Sebanyak 315 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 99 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun menjadi 43 orang, RSUD Murjani Sampit menjadi 13 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tetap 70 orang, RSUD Puruk Cahu menjadi 17 orang, RSUD Ulin BJM tetap 1 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 13 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 3 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 6 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 3 orang, RS Kota Palangka Raya tersisa 11 orang, RS Bhayangkara tetap 12 orang, RSUD Lamandau tetap 9 orang, RSUD TNI menjadi 7 orang, menjalani isolasi mandiri tersisa 1 orang, RSUD Kuala Kurun tetap 1 orang, RS Betang Pambelum tetap 2 orang, RSI PKU Muhamadiyah menjadi 3 orang dan RSUD Tamiang Layang menjadi 1 orang saat ini.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng hingga saat ini berada di angka 5,3 persen. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan telah terjadi penambahan pada jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 1 orang sehingga menjadi 30 orang saat ini. 1 orang yang baru meninggal dunia merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Muara Teweh.

Sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini masih berada di 14 Kabupaten/Kota. Dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus PDP dilaporkan kembali bertambah sebanyak 3 orang. Jumlah kasus PDP saat ini menjadi 83 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya tersisa 19 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas menjadi 11 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau tersisa 8 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya tetap 5 orang, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun menjadi 9 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya menjadi 10 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar tetal 2 orang, PDP di RS Bhayangkara tetap 4 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit menjadi 5 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap 2 orang, PDP di RSUD Lamandau tetap 5 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang tersisa 2 orang dan RSUD Jaraga Sasameh menjadi 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 25 orang, Kabupaten Pulang Pisau 9 orang, Kabupaten Katingan 2 orang, Kabupaten Kapuas 11 orang, Kabupaten Murung Raya 5 orang, Kabupaten Gunung Mas 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 7 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 3 orang, Kabupaten Seruyan 3 orang, Kabupaten Barito Utara 3 orang, Kabupaten Lamandau 4 orang, Kabupaten Barito Timur 3 orang, Kabupaten Sukamara 3 orang dan Kabupaten Barito Selatan 1 orang.

Kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan kembali mengalami penambahan sebanyak 48 orang dalam 24 jam terakhir. Jumlah ODP saat ini menjadi 237 orang.

ODP terbanyak ada di Kabupaten Kotawaringin Timur berjumlah 84 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook