Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 5 Orang, Positif 18 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 09 Juni 2020 15:52, Dibaca 31 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Jumlah pasien sembuh di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) terus mengalami penambahan hingga sampai saat ini.

Berdasarkan data yang rilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, jumlah pasien sembuh dari Covid-19 per Selasa (09/06/2020) Pukul 15.00 WIB mencapai 212 orang, setelah kembali ada penambahan sebanyak 5 orang dalam 24 jam.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 14 Oktober 2022 : Sembuh 2 Orang, Konfirmasi 1 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 5 orang diantaranya 3 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan. Diketahui, dari 5 orang tersebut yakni 4 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya dan 1 orang lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun.

Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 hingga saat ini sebanyak 212 orang termasuk 5 orang yang baru dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, masing-masing sebanyak 101 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 4 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 37 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 25 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 8 orang, 8 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 19 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 9 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 2 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau.

Sementara, jumlah kasus positif dilaporkan masih terus mengalami peningkatan. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan telah terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 18 orang. Terkonfirmasi positif yang baru diantaranya 15 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas dan 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas.

Saat ini, terkonfirmasi positif yang baru dalam 24 jam terakhir sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 11 orang, berada di RS Bhayangkara 2 orang, berada di RS Betang Pambelum 2 orang dan 3 orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan juga terdapat 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berpindah tempat perawatan. Sebanyak 1 orang tersebut yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri, pindah tempat perawatan ke RS Siloam Palangka Raya.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 520 orang yakni 212 orang sudah dinyatakan sembuh, 28 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 280 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 280 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 85 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tersisa 41 orang, RSUD Murjani Sampit tetap 11 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tetap 70 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 6 orang, RSUD Ulin BJM tetap 1 orang, RS Siloam Palangka Raya menjadi 13 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 3 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 5 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 1 orang, RS Kota Palangka Raya tetap 8 orang, RSUD Muara Teweh tetap 1 orang, RS Bhayangkara menjadi 12 orang, RSUD Lamandau tetap 9 orang, RSUD Sukamara tetap 1 orang, RSUD TNI tetap 5 orang, menjalani isolasi mandiri menjadi 4 orang, RSUD Kuala Kurun tetap 1 orang dan RS Betang Pambelum menjadi 3 orang saat ini.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng hingga saat ini berada di angka 5,4 persen. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan tidak terjadi penambahan pada jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 yakni tetap sebanyak 28 orang saat ini.

Sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini masih berada di 12 Kabupaten/Kota. Jumlah kasus PDP dilaporkan berkurang sebanyak 20 orang dari hari kemarin. Jumlah kasus PDP saat ini tersisa 64 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berkurang tersisa 20 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas berkurang tersisa 5 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau bertambah menjadi 5 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya tetapi 6 orang, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tetap 4 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya tetap 9 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar tetap 1 orang, PDP di RS Bhayangkara berkurang tersisa 6 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap 3 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh berkurang tersisa 1 orang saat ini dan PDP di RSUD Lamandau bertambah menjadi 4 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 23 orang, Kabupaten Pulang Pisau 7 orang, Kabupaten Katingan 1 orang, Kabupaten Kapuas 7 orang, Kabupaten Murung Raya 6 orang, Kabupaten Gunung Mas 6 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Seruyan 3 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang, Kabupaten Lamandau 4 orang dan Kabupaten Barito Timur 1 orang.

Kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan masih turut mengalami pengurangan sebanyak 40 orang dalam 24 jam terakhir. Jumlah ODP saat ini tersisa 175 orang.

ODP terbanyak masih tetap ada di Kabupaten Katingan berjumlah 81 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook