Update Covid-19 di Kalteng : Sembuh 4 Orang, Positif 1 Orang Dan 1 Orang Meninggal Dunia

Kontribusi dari Widia Natalia, 07 Juni 2020 15:34, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pasien Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) yang berhasil sembuh kembali meningkat.

Berdasarkan data yang rilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, jumlah pasien sembuh dari Covid-19 per Minggu (07/06/2020) Pukul 15.00 WIB mencapai 206 orang, setelah kembali ada penambahan sebanyak 4 orang dalam 24 jam.

(Baca Juga : Masih Tinggi! Terkonfirmasi Capai 416 Kasus, Sembuh 360 orang. Tetap Waspada dan Disiplin Prokes!)

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 4 orang semuanya merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin barat yang menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

Total sebanyak 206 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19, masing-masing sebanyak 96 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 36 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 4 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 25 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 8 orang, 8 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 19 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 9 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 2 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau.

Jumlah kasus positif turut mengalami peningkatan. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan telah terjadi penambahan pada jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1 orang. Terkonfirmasi positif yang baru, merupakan warga asal Kota Palangka Raya dan sedang berada di RS Betang Pambelum saat ini.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan juga terdapat 2 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berpindah tempat perawatan. Sebanyak 2 orang tersebut yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Kuala Kurun, pindah tempat perawatan ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 494 kasus positif yakni 206 orang sudah dinyatakan sembuh, 27 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 261 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 261 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 77 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tersisa 42 orang, RSUD Murjani Sampit tetap 11 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tetap 70 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 6 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 10 orang, RSUD Mas Amsyar menjadi 3 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 5 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 1 orang, RS Kota Palangka Raya tetap 8 orang, RSUD Muara Teweh tetap 1 orang, RS Bhayangkara tetap 9 orang, RSUD Lamandau tetap 9 orang, RSUD Sukamara tetap 1 orang, RSUD TNI tetap 2 orang, menjalani isolasi mandiri sebanyak 4 orang, RSUD Kuala Kurun tersisa 1 orang dan RS Betang Pambelum menjadi 1 orang saat ini.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng hingga saat ini meningkat di angka 5,5 persen.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan telah terjadi peningkatan pada jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 1 orang. Jumlah terkonfirmasi pofitif Covid-19 yang meninggal dunia menjadi 27 orang saat ini. Diketahui, pasien positif Covid-19 yang baru meninggal merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini berada di 11 Kabupaten/Kota. Jumlah kasus PDP dilaporkan mengalami peningkatan sebanyak 13 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 72 orang saat ini. Jumlah PDP hari kemarin dilaporkan hanya 59 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 30 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas bertambah menjadi 6 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau tetap 5 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya berkurang menjadi 7 orang, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tetap 4 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya bertambah menjadi 5 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar berkurang menjadi 1 orang, PDP di RS Bhayangkara bertambah menjadi 7 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap 2 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUD Lamandau tetap 3 orang saat ini dan PDP di RS Ulin BJM tetap 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 29 orang, Kabupaten Pulang Pisau 6 orang, Kabupaten Katingan 2 orang, Kabupaten Kapuas 9 orang, Kabupaten Murung Raya 7 orang, Kabupaten Gunung Mas 7 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 2 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang dan Kabupaten Lamandau 3 orang

Sementara, kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan masih mengalami penambahan sebanyak 26 orang dalam 24 jam terakhir. Jumlah ODP saat ini menjadi 212 orang.

ODP terbanyak tetap ada di Kabupaten Katingan berjumlah 81 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook