Perkembangan Terkini Kasus Covid-19 Di Kalteng : Sembuh 4 Orang, Terkonfirmasi Positif 15 Orang Dan 1 Orang Meninggal Dunia

Kontribusi dari Widia Natalia, 05 Juni 2020 16:26, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) terus meningkat.

Berdasarkan data yang rilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, jumlah kasus sembuh Covid-19 sampai dengan Jumat (05/06/2020) Pukul 15.00 WIB mencapai 200 orang, setelah kembali ada penambahan sebanyak 4 orang dalam 24 jam.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19, 18 Agustus 2021 : Sembuh 218 Orang, Konfirmasi 225 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes!)

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 4 orang yakni semuanya merupakan warga asal Kota Palangka Raya. Ke 4 orang tersebut diantaranya 2 orang berdasarkan hasil dari RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara.

Total sebanyak 200 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19, masing-masing sebanyak 95 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 2 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 32 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 25 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 7 orang, 8 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 19 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 9 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 2 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau.

Terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalteng juga terus mengalami peningkatan. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan telah terjadi penambahan pada jumlah kasus positif sebanyak 15 orang.

Terkonfirmasi positif yang baru, masing-masing 13 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Sebanyak 15 orang yang dilaporkan terkonfirmasi positif dalam 24 jam terakhir berada di sejumlah RS Rujukan Covid-19 yakni 6 orang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 5 orang berada di RS Siloam Palangka Raya, 1 orang berada di RS Betang Pambelum dan 3 orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan juga bahwa terdapat 4 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berpindah tempat perawatan. Dari ke 4 orang tersebut diantaranya 2 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo, pindah tempat perawatan ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 2 orang lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun pindah perawatan ke RSUD Lamandau 1 orang dan sisanya 1 orang pindah perawatan ke Winosobo.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 481 kasus positif yakni 200 orang sudah dinyatakan sembuh, 26 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 255 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 255 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 73 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tersisa 46 orang, RSUD Murjani Sampit tetap 11 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 68 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 6 orang, RS Siloam Palangka Raya menjadi 10 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 2 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 5 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 1 orang, RS Kota Palangka Raya tersisa 7 orang, RSUD Muara Teweh tetap 1 orang, RS Bhayangkara tersisa 9 orang, RSUD Lamandau menjadi 9 orang, RSUD Sukamara tetap 1 orang, RSUD TNI tetap 2 orang, RS Betang Pambelum menjadi 1 orang dan menjalani isolasi mandiri sebanyak 3 orang.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng hingga saat ini berada di angka 5,4 persen. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan telah terjadi peningkatan pada jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 1 orang sehingga jumlah pasien positif yang meninggal dunia menjadi 26 orang saat ini.

Sebanyak 1 orang yang dinyatakan meninggal dunia dalam 24 jam terakhir yakni merupakan warga asal Kota Palangka Raya yang sebelumnya menjalani perawatan di RS Siloam Palangka Raya.

Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini juga masih mengalami peningkatan sebanyak 2 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 68 orang. Jumlah PDP hari kemarin dilaporkan hanya berjumlah 66 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 22 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas bertambah menjadi 7 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau berkurang menjadi 13 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya bertambah menjadi 8 orang, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tetap 4 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya berkurang menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar tetap 2 orang, PDP di RS Bhayangkara tetap 5 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUD Lamandau tetap 1 orang saat ini dan PDP di RS Ulin BJM menjadi 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 19 orang, Kabupaten Pulang Pisau 14 orang, Kabupaten Katingan 4 orang, Kabupaten Kapuas 9 orang, Kabupaten Murung Raya 8 orang, Kabupaten Gunung Mas 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 1 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang dan Kabupaten Lamandau 1 orang.

Sementara, kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan kembali mengalami pengurangan sebanyak 7 orang dalam 24 jam terakhir.

Jumlah ODP saat ini tersisa 181 orang. ODP terbanyak tetap ada di Kabupaten Katingan berjumlah 72 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook