Update : Kasus Covid-19 Di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 Mei 2020 16:21, Dibaca 1,301 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Hingga saat ini, terus terjadi penambahan pada kasus sembuh dari Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, hingga Kamis (21/05/2020) Pukul 15.00 WIB, jumlah pasien sembuh meningkat mencapai 121 orang. Terjadi penambahan sebanyak 6 orang dalam 24 jam terakhir.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 7 Mei 2022 : Sembuh 3 Orang, Konfirmasi 6 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Dari 6 orang yang dilaporkan sembuh dalam 24 jam terakhir diantaranya 2 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas dan 2 orang lainnya merupakan warga asal Murung Raya.

Sebanyak 6 pasien yang dinyatakan sembuh, masing-masing 4 orang yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 2 orang lainnya yang menjalani perawatan di Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo.

Total sebanyak 121 orang termasuk dengan 6 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing sebanyak 80 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 4 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 terakhir, 15 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 14 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 3 orang, 2 diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir dan 9 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya.

Hal yang sama turut terjadi pada kasus positif Covid-19 di Kalteng saat ini, terjadi peningkatan signifikan pada kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Dalam 24 jam terakhir dilaporkan terjadi peningkatan pada kasus positif sebanyak 15 orang. Terkonfirmasi positif yang baru, masing-masing 3 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur dan 9 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Kapuas.

Saat ini, ke 15 orang yang dilaporkan terkonfirmasi positif dalam 24 jam terakhir berada di sejumlah Rumah Sakit Rujukan Covid-19 yakni 3 orang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 3 orang berada RSUD Murjani Sampit dan 9 orang lainnya saat ini berada di Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno S.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan mencapai 256 kasus positif yakni 121 orang sudah dinyatakan sembuh, 14 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 121 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 121 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya sebanyak 27 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tetap 21 orang, RSUD Murjani Sampit menjadi 15 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo menjadi 16 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 12 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) tetap 1 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 10 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 10 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 4 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 1 orang dan RS Kota Palangka Raya tetap 4 orang.

Sementara, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini dilaporkan turut mengalami kenaikan di angka 5,5 persen.

Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 hingga saat ini mencapai 14 orang. Terjadi penambahan pada pasien meninggal dunia akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir sebanyak 3 orang. Ke 3 orang tersebut merupakan warga asal Kabupaten Kapuas yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Soemarno S. Kapuas.

Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini mengalami penambahan sebanyak 3 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 57 orang saat ini.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 28 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit bertambah menjadi 5 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas berkurang menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh berkurang menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUS Sukamara tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Pulang Pisau bertambah menjadi 4 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya tetap 2 orang, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tetap 6 orang saat ini dan PDP di RS Siloam Palangka Raya tetap 3 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 23 orang, Kabupaten Barito Utara 3 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Katingan 2 orang, Kabupaten Kapuas 6 orang, Kabupaten Barito Selatan 1 orang, Kabupaten Gunung Mas 1 orang, Kabupaten Murung Raya 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Sukamara 2 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 6 orang dan Kabupaten Seruyan 3 orang.

Untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini turut meningkat sebanyak 13 orang sehingga menjadu 210 orang saat ini.

ODP terbanyak tetap ada di Kota Palangka Raya berjumlah 70 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook