Tausiyah Online Guna Jalin Silaturahmi Di Tengah Wabah Virus Corona

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 20 Mei 2020 09:19, Dibaca 3 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS - Di masa wabah virus Corona atau Covid-19 ini membuat masyarakat tidak bisa berkumpul bersama dan hanya berdiam di rumah saja, namun keadaan tersebut tidak menjadi penghalang dalam terus menjalin silaturahmi antar sesama. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat mempermudah komunikasi antar sesama walaupun berada di jarak yang jauh.

Memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, Pemerintah Daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Bank Mandiri Syariah Kapuas melakukan Tausiyah Ramadhan Online dengan tema Mencapai Hati Yang Fitri di Masa Pandemi melalui media komunikasi virtual yaitu Zoom cloud meeting, Senin (18/5/2020).

(Baca Juga : Siswa MTSN-2 Palangka Raya Simulasikan Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Air Mengalir)

Dalam Tausiah Online tersebut, diikuti Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Dewan Pembina Pergunu Pusat KH Muchtar Ruslan selaku penceramah, jajaran Dinas Kominfo dan jajaran Bank Mandiri Syariah Kabupaten Kapuas.

Bupati Kapuas melalui komunikasi virtual tersebut sangat mengapresiasi atas terlaksananya Tausiyah Ramadhan Online ini yang mana menurutnya selain dapat memberikan pemahaman mengenai Bulan Suci Ramadhan, juga sebagai ajang untuk menjalin silaturahmi antar sesama.

"Kegiatan ini merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat, sebab selain mendapatkan ilmu dari ceramah yang diberikan, juga dapat menjalin silaturahmi antar sesama walaupun di tengah masa wabah virus Corona ini," ucapnya di hadapan peserta yang mengikuti Tausiyah Online tersebut.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas agar selalu menjaga kesehatan serta mematuhi anjuran-anjuran yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, demi memutus mata rantai penyebaran virus corona di kondisi sekarang ini, dengan harapan wabah ini dapat segera berakhir.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Dr H Junaidi yang juga ikut dalam Tausiyah Online tersebut menyampaikan terkait kondisi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Kapuas, dimana menurutnya masyarakat harus lebih berhati-hati dan tetap waspada menghadapi kondisi sekarang ini. Dirinya mengharapkan agar masyarakat selalu mematuhi anjuran-anjuran dari Pemerintah, seperti selalu menggunakan masker apabila keluar rumah dan jangan dulu bepergian atau mudik untuk sementara waktu.

“Patuhi juga peraturan-peraturan dari Fatwa MUI nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah virus covid-19, Surat Edaran Menteri Agama nomor 6 tahun 2020 dan Maklumat Kapolri agar terhindar dari virus corona. Kita harus tetap optimis bahwa dengan kebersamaan dan kekompakan, insyaallah wabah ini segera berakhir," sambung H Junaidi yang juga Ketua ICMI Kabupaten Kapuas.

Di tempat terpisah, Branch Manager Mandiri Syariah Kabupaten Kapuas M. Rizky Ade Erfani mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas yang dalam hal ini Dinas Kominfo sebab sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri Syariah sehingga kegiatan Tausiyah Online ini dapat berjalan sesuai rencana dan lancar.

Dalam tausiyahnya, KH Muchtar Ruslan yang juga selaku Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas itu menerangkan beberapa hal mengenai tata cara menghadapi virus Corona di Bulan Ramadhan ini, salah satunya yaitu dengan tetap fokus melaksanakan ibadah walaupun di rumah saja dan tidak boleh sampai kehilangan arah.

"Selalu beristighfar kepada Allah SWT setiap waktu dan berdoa agar diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi wabah ini. Kita harus yakin dan percaya selalu ada pertolongan dari Allah SWT dan semoga kita menjadi orang yang selalu bertaqwa di berbagai kondisi yang kita hadapi," ungkap KH Muchtar Ruslan. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook