Jumlah Pasien Sembuh Terus Bertambah, Total Menjadi 71 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 Mei 2020 16:53, Dibaca 22 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Jumlah pasien sembuh di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus bertambah.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, hingga Rabu (13/05/2020) dilaporkan jumlah pasien sembuh bertambah 14 orang menjadi total 71 orang.

(Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 118 Orang dan Konfirmasi Baru 43 Orang)

Dari 14 orang yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir diantaranya 7 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya. 14 pasien yang dinyatakan sembuh, 13 orang diantaranya berdasarkan hasil dari rumah sakit (RS) rujukan yakni RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun.

Total sebanyak 71 orang termasuk dengan 14 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing sebanyak 44 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 15 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya.

Pada kasus positif turut mengalami penambahan sebanyak 17 orang dalam 24 jam terakhir. Tercatat sampai dengan saat ini total kasus positif mencapai 223 orang.

Penambahan sebanyak 17 orang pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya 2 orang, Kabupaten Katingan 10 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 1 orang, Kabupaten Kapuas 1 orang dan Kabupaten Barito Selatan 3 orang. Saat ini, ke 17 pasien yang baru sedang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus 3 orang, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 1 orang, RSUD Mas Amsyar 10 orang dan RSUD Jaraga Sasameh 3 orang.

Dari 223 total kasus positif yang dilaporkan termasuk dengan 17 orang terkonfirmasi positif yang baru, diantaranya 141 orang masih dalam perawatan, 71 orang dinyatakan sembuh dan 11 orang meninggal dunia.

Sebanyak 141 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya 52 orang, RSSI Pangkalan Bun 21 orang, RSUD Murjani Sampit 15 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo sebanyak 10 orang, RSUD Puruk Cahu 12 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) 1 orang, RS Siloam Palangka Raya 17 orang, RSUD Mas Amsyar 10 orang dan RSUD Jaraga Sasameh 3 orang.

Dalam 24 jam terakhir, untuk Kasus meninggal dunia akibat Covid-19 dilaporkan tidak terjadi penambahan pada jumlahnya yakni tetap sebanyak 11 orang.

Sementara, Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng mengalami pengurangan sebanyak 12 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 61 orang saat ini.

PDP di RSDS Palangka Raya berkurang menjadi 30 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit berkurang menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas berkurang menjadi 10 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh berkurang menjadi 4 orang saat ini, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang, PDP di RSUS Sukamara tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Pulang Pisau tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya tetap berjumlah 2 orang, PDP di RSUD Kuala Kurun tetap berjumlah 2 orang saat ini dan PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun bertambah menjadi 4 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 15 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang, Kabupaten Pulang Pisau 3 orang, Kabupaten Katingan 8 orang, Kabupaten Kapuas 13 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 4 orang, Kabupaten Gunung Mas 5 orang, Kabupaten Murung Raya 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Sukamara 2 orang dan Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang saat ini.

Untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah 9 orang 227 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 234 orang dinyatakan negatif berdasarkan 2x swab, 26 orang di RSSI Pangkalan Bun berdasarkan 2x swab, 24 orang di RSUD Murjani berdasarkan 2x swab, 1 orang di RSUD Muara Teweh berdasarkan 2x swab, dan 1 orang lagi di Karantina Pemerintah Daerah Kapuas berdasarkan 2x swab. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 104 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 124 orang, RSUD Murjani berjumlah 6 orang, RSUD Muara Teweh berjumlah 10 orang dan Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 17 orang.

Saat ini seluruh wilayah Kalteng yang terdiri dari 1 Kota dan 13 Kabupaten menjadi zona merah.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook