Terus Bertambah, Pasien Sembuh Covid-19 Di Kalteng Menjadi 57 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 12 Mei 2020 16:04, Dibaca 1,169 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) setiap hari kian banyak.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, hingga Selasa (12/05/2020) dilaporkan jumlah pasien sembuh bertambah 12 orang menjadi total 57 orang.

(Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 131 Orang dan Konfirmasi Baru 133 Orang)

Dari 12 orang yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir diantaranya 6 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Lamandau, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya. 12 pasien yang dinyatakan sembuh semuanya berdasarkan hasil dari rumah sakit (RS) rujukan yakni RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya.

Total sebanyak 57 orang termasuk dengan 12 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing sebanyak 31 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 14 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya.

Meskipun dilaporkan jumlahnya tidak banyak dibanding peningkatan yang terjadi pada kasus sembuh dalam 24 jam terakhir, pada kasus positif masih mengalami peningkatan sebanyak 5 orang dalam 24 jam terakhir.

Tercatat sampai dengan saat ini total kasus positif mencapai 206 orang. Penambahan sebanyak 5 orang pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kabupaten Kapuas 1 orang dan Kabupaten Murung Raya 4 orang. Saat ini, ke 5 pasien yang baru sedang menjalani perawatan di RSUD Puruk Cahu 3 orang dan RS Siloam Palangka Raya 2 orang.

Dari 206 total kasus positif yang dilaporkan termasuk dengan 5 orang terkonfirmasi positif yang baru, diantaranya 138 orang masih dalam perawatan, 57 orang dinyatakan sembuh dan 11 orang meninggal dunia.

Sebanyak 138 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya 62 orang, RSSI Pangkalan Bun 21 orang, RSUD Murjani Sampit 15 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo sebanyak 10 orang, RSUD Puruk Cahu 12 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) 1 orang dan RS Siloam Palangka Raya 17 orang.

Untuk Kasus meninggal dunia akibat Covid-19 turut mengalami peningkatan saat ini. Dilaporkan terjadi penambahan jumlah pasien meninggal akibat Covid-19 sebanyak 1 orang. Diketahui, 1 orang tersebut merupakan warga asal Kabupaten Kapuas yang menjalani perawatan di RS Siloam Palangka Raya.

Sementara, Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng juga turut mengalami penambahan sebanyak 5 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 73 orang saat ini.

PDP di RSDS Palangka Raya berkurang menjadi 34 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit bertambah menjadi 8 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas bertambah menjadi 12 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh berkurang menjadi 7 orang saat ini, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang, PDP di RSUS Sukamara tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Pulang Pisau tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya tetap berjumlah 2 orang, PDP di RSUD Kuala Kurun tetap berjumlah 2 orang saat ini dan PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun bertambah menjadi 2 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 14 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang, Kabupaten Pulang Pisau 3 orang, Kabupaten Katingan 12 orang, Kabupaten Kapuas 17 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 8 orang, Kabupaten Gunung Mas 6 orang, Kabupaten Murung Raya 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 3 orang, Kabupaten Sukamara 2 orang dan Kabupaten Kotawaringin Barat 2 orang saat ini.

Untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) tetap jumlahnya dengan hari kemarin sebanyak 218 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 233 orang dinyatakan negatif berdasarkan 2x swab, 25 orang di RSSI Pangkalan Bun berdasarkan 2x swab, 24 orang di RSUD Murjani berdasarkan 2x swab, 1 orang di RSUD Muara Teweh berdasarkan 2x swab, dan 1 orang lagi di Karantina Pemerintah Daerah Kapuas berdasarkan 2x swab. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 107 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 97 orang, RSUD Murjani berjumlah 6 orang, RSUD Muara Teweh berjumlah 10 orang dan Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 8 orang.

Saat ini seluruh wilayah Kalteng yang terdiri dari 1 Kota dan 13 Kabupaten menjadi zona merah.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook