Update Terkini Kasus Covid-19 Di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 09 Mei 2020 15:36, Dibaca 1,336 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus meningkat setiap harinya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi (Kalteng), hingga Sabtu (09/05/2020), tercatat total kasus positif di wilayah Kalteng mencapai 192 orang. Dilaporkan hingga Jumat (08/05/2020) total kasus positif hanya berjumlah 189 orang. Terjadi penambahan pada pasien positif dalam 24 jam terakhir sebanyak 3 orang.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 25 Mei 2022 : Sembuh 4 Orang, Konfirmasi 4 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Penambahan sebanyak 3 orang pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kabupaten Kotawaringin Barat. Saat ini, pasien tersebut sedang menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun.

Tidak hanya mengalami peningkatan pada jumlah kasus positif Covid-19, dalam 24 jam terakhir dilaporkan turut terjadi peningkatan pada pasien sembuh dari Covid-19. Diketahui, 1 orang pasien tersebut merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Dengan adanya peningkatan pada kasus positif dan pasien sembuh dari Covid-19, berdasarkan data sampai saat ini yakni total kasus positif sebanyak 192 orang, masing-masing 154 orang masih dalam perawatan, 31 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang meninggal dunia.

Sebanyak 154 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSDS Palangka Raya 74 orang, RSSI Pangkalan Bun 33 orang, RSUD Murjani Sampit 14 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 6 orang, RSUD Puruk Cahu 9 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) 1 orang, RS Siloam Palangka Raya 17 orang dan RSUD Lamandau yang pada hari kemarin berjumlah 1 orang menjadi tidak ada saat ini. Diketahui pasien yang pada hari kemarin masih menjalani perawatan di RSUD Lamandau, saat ini, pasien tersebut sudah pindah tempat perawatan ke RSSI Pangkalan Bun.

Dengan turut terjadinya penambahan pada kasus pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 1 orang, jumlah pasien positif yang dinyatakan sembuh menjadi 31 orang saat ini. Dari 31 orang yang dinyatakan sembuh, 18 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 1 diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 2 orang lainnya yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil dari RSSI Pangkalan Bun. Sedangkan, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit.

Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 tetap sama yakni berjumlah 7 orang sampai saat ini. Sebanyak 7 orang yang di nyatakan meninggal yakni 5 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 5 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi merupakan pasien asal Kabupaten Barito Timur yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Sedangkan, 2 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang menjalani perawatan di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Tidak hanya kasus positif maupun sembuh yang mengalami peningkatan dalam 24 jam terakhir,  Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng turut mengalami peningkatan sebanyak 8 orang sehingga menjadi 68 orang saat ini.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 36 orang saat ini, PDP di RSSI Pangkalan Bun tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 4 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas bertambah menjadi 9 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh berkurang menjadi 1 orang saat ini, PDP di RS Siloam berkurang menjadi 1 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh bertambah menjadi 8 orang saat ini, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang, PDP di RSUD Lamandau tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUS Sukamara tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Pulang Pisau bertambah menjadi 2 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya berkurang menjadi 2 orang dan PDP di RSUD Kuala Kurun tetap 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 16 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang, Kabupaten Pulang Pisau 4 orang, Kabupaten Katingan 7 orang, Kabupaten Kapuas 14 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 8 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Gunung Mas 7 orang, Kabupaten Lamandau 1 orang, Kabupaten Murung Raya menjadi 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang dan Kabupaten Sukamara 2 orang saat ini.

Sama halnya dengan kasus PDP yang mengalami peningkatan, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sampai hari ini masih mengalami penambahan pada jumlahnya dari hari kemarin. Jumlah ODP hingga saat ini menjadi 291 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 230 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 22 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 103 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 77 orang, RSUD Murjani berjumlah 9 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 11 orang.

Saat ini seluruh wilayah Kalteng yang terdiri dari 1 Kota dan 13 Kabupaten menjadi zona merah.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook