Update Data Terbaru Mengenai Kasus Covid-19 Di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 04 Mei 2020 16:16, Dibaca 1,830 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19.

Setelah dilaporkan tidak terjadi peningkatan pada kasus Positif Covid-19 pada hari kemarin, saat ini kasus positif mengalami peningkatan.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 7 Februari 2023 : Konfirmasi 2 orang dan sembuh 4 orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Sampai dengan Senin (04/05/2020) total kasus positif di wilayah Kalteng mencapai 180 orang, meningkat signifikan dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Dilaporkan hingga Minggu (03/05/2020) total kasus positif hanya berjumlah 157 orang.

Penambahan sebanyak 22 orang pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya sebanyak 1 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 7 orang, Kabupaten Lamandau sebanyak 1 orang, Kabupaten Sukamara sebanyak 1 orang, Kabupaten Kapuas sebanyak 1 orang, Kabupaten Gunung Mas sebanyak 1 orang, Kabupaten Barito Selatan sebanyak 2 orang dan Kabupaten Murung Raya sebanyak 9 orang. 

Total kasus positif sebanyak 180 orang, masing-masing 157 orang masih dalam perawatan, 16 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang meninggal dunia.

Sebanyak 157 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSDS Palangka Raya 75 orang, RSSI Pangkalan Bun 26 orang, RSUD Murjani Sampit 22 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 6 orang, RSUD Puruk Cahu 9 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) 1 orang, RS Siloam Palangka Raya 16 orang, RSUD Sukamara 1 orang dan RSUD Lamandau 1 orang.

Sebanyak 16 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 11 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 2 orang yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil dari RSSI Pangkalan Bun. Sedangkan, 3 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, 1 diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir. Dengan adanya penambahan pada pasien sembuh asal Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 1 orang, jumlah pasien positif yang menjalani perawatan di RSUD Murjani Sampit saat ini berkurang menjadi 22, dimana pada hari sebelumnya berjumlah 23 orang.

Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 tetap 7 orang sampai saat ini. Sebanyak 7 orang yang di nyatakan meninggal yakni 5 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 5 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi merupakan pasien asal Kabupaten Barito Timur yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Sedangkan, 2 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang menjalani perawatan di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Berdasarkan data yang disampaikan, total kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng masih sama jumlahnya dengan hari kemarin sebanyak 54 orang. Pada kasus PDP hari ini tidak terjadi penambahan ataupun peningkatan.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 36 orang saat ini, PDP di RSSI Pangkalan Bun tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 3 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap berjumlah 3 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RS Siloam tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh berkurang menjadi 6 orang saat ini, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang dan PDP di RSUD Lamandau tetap 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 19 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 6 orang, Kabupaten Kapuas 5 orang, Kabupaten Barito Timur 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 7 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Gunung Mas 7 orang dan Kabupaten Lamandau 1 orang.

Berbeda dengan kasus PDP, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini mengalami pengurangan. Jumlah ODP hari ini tersisa 389 orang. Telah terjadi pengurangan ODP sebanyak 9 orang dalam 24 jam terakhir.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 230 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 22 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 103 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 77 orang, RSUD Murjani berjumlah 9 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 11 orang.

Saat ini wilayah zona merah berada di 1 Kota dan 13 Kabupaten diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Gunung Mas dan terakhir Kabupaten Sukamara.

Perubahan yang terjadi,  dimana pada hari sebelumnya wilayah zona merah masih berada di 1 Kota dan 12 Kabupaten, dikarenakan setelah adanya laporan mengenai penambahan pada kasus positif dalam 24 jam terakhir distribusi dari Kabupaten Sukamara sehingga wilayah zona merah berada di 1 Kota dan 13 Kabupaten.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook