Informasi Terkini Kasus Covid-19 Di Wilayah Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 Mei 2020 16:04, Dibaca 232 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Total kasus positif dan jumlah pasien sembuh dari Covid-19 terus mengalami peningkatan.

Sampai dengan Jumat, (01/05/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng mencapai 155 orang. Terjadi peningkatan signifikan dalam 24 jam terakhir pada kasus positif yakni sebanyak 10 orang. Total kasus positif pada hari sebelumnya yakni Kamis (30/04/2020) hanya berjumlah 145 orang.

(Baca Juga : Apel Akbar Danramil dan Babinsa Se Kalteng)

Penambahan sebanyak 10 orang pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya sebanyak 1 orang, Kabupaten Katingan sebanyak 6 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 2 orang dan Kabupaten Murung Raya sebanyak 1 orang.

Saat ini, pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 yakni di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya, RSUD Murjani Sampit, RSUD Puruk Cahu dan RS Siloam Palangka Raya.

Total kasus positif sebanyak 155 orang, masing-masing 131 orang masih dalam perawatan, 17 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang meninggal dunia.

Sebanyak 131 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSDS Palangka Raya 72 orang, RSSI Pangkalan Bun 17 orang, RSUD Murjani Sampit 23 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 5 orang, RSUD Puruk Cahu 8 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) 1 orang dan RS Siloam Palangka Raya 5 orang.

Kasus pasien sembuh dari Covid-19 turut mengalami peningkatan sejak beberapa hari yang lalu, sampai dengan saat ini kembali terjadi penambahan pada pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 berjumlah 5 orang. Dengan adanya penambahan dalam kurun waktu 24 jam terakhir, jumlah pasien sembuh setelah terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kalteng menjadi 17 orang saat ini. Sebanyak 17 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 11 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 4 orang yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil dari RSSI Pangkalan Bun. Sedangkan, 2 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit.

Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 tetap 7 orang saat ini. Sebanyak 7 orang yang di nyatakan meninggal yakni 5 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 5 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi merupakan pasien asal Kabupaten Barito Timur yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Sedangkan, 2 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang menjalani perawatan di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sementara ini,  total kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) kembali mengalami pengurangan menjadi 58 orang saat ini. Total kasus PDP pada hari sebelumnya berjumlah 69 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berkurang menjadi 37 orang saat ini, PDP di RSSI Pangkalan Bun berkurang menjadi 1 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit berkurang menjadi 2 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap berjumlah 2 orang, PDP di RSUD Muara Teweh tetap berjumlah 3 orang, PDP di RSUD Puruk Cahu mengalami pengurangan sebanyak 1 orang sehingga tersisa 2 orang saat ini, PDP di RS Siloam berkurang 2 orang menjadi 1 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh tetap berjumlah 7 orang, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang dan PDP di RSUD Lamandau tetap 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 20 orang, Kabupaten Barito Utara 4 orang, Kabupaten Murung Raya 2 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 6 orang, Kabupaten Kapuas 4 orang, Kabupaten Barito Timur 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 7 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Gunung Mas 6 orang dan Kabupaten Lamandau 1 orang.

Berbanding terbalik dengan kasus PDP yang mengalami pengurangan, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini mengalami penambahan. Jumlah ODP sampai saat ini menjadi 372 orang. Telah terjadi penambahan ODP sebanyak 3 orang dalam 24 jam terakhir.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 139 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 22 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 121 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 77 orang, RSUD Murjani berjumlah 9 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 11 orang.

Wilayah zona merah saat ini masih tetap berada di 1 Kota dan 12 Kabupaten, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook