Data Terbaru Kasus Covid-19 Di Wilayah Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 30 April 2020 15:44, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Total kasus positif, jumlah pasien sembuh maupun jumlah pasien meninggal akibat Covid-19 meningkat dari hari sebelumnya.

Sampai dengan Kamis, (30/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng mencapai 145 orang. Dalam 24 jam terakhir, telah terjadi peningkatan dalam jumlah banyak pada kasus positif yakni sebanyak 17 orang. Total kasus positif pada hari sebelumnya yakni Rabu (29/04/2020) hanya berjumlah 128 orang.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 16 Orang Dan Kasus Konfirmasi 39 Orang)

Penambahan sebanyak 17 orang pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya sebanyak 2 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 2 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 5 orang, Kabupaten Kapuas sebanyak 1 orang dan Kabupaten Murung Raya sebanyak 7 orang.

Saat ini, pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 yakni di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya, RS Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun, RSUD Murjani Sampit, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas, RSUD Puruk Cahu dan RS Siloam Palangka Raya.

Total kasus positif sebanyak 145 orang, masing-masing 125 orang masih dalam perawatan, 13 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang meninggal dunia.

Sebanyak 125 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSDS Palangka Raya 73 orang, RSSI Pangkalan Bun 19 orang, RSUD Murjani Sampit 16 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 5 orang, RSUD Puruk Cahu 7 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) 1 orang dan RS Siloam Palangka Raya 4 orang

Setelah pada hari sebelumnya dikabarkan telah terjadi penambahan pada jumlah kasus pasien sembuh dari Covid-19, hari ini kembali terjadi penambahan pada pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 1 orang. Dengan adanya penambahan dalam kurun waktu 24 jam terakhir, jumlah pasien sembuh setelah terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kalteng menjadi 13 orang saat ini.

Sebanyak 13 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 9 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 2 orang yang dinyatakan sembuh merupakan distribusi dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjalani perawatan di RSSI Pangkalan Bun. Sedangkan, 2 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit. Dari 2 orang yang dinyatakan sembuh hasil dari RSUD Murjani Sampit, 1 diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir.

Di waktu yang sama, setelah dikabarkan terdapat salah satu warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur dinyatakan sembuh dari Covid-19, terdapat pula warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur yang dinyatakan meninggal akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir sebanyak 1 orang.

Dengan adanya penambahan pada kasus meninggal dunia akibat Covid-19, jumlah pasien meninggal dunia bertambah menjadi 7 orang saat ini. Sebanyak 7 orang yang di nyatakan meninggal yakni 5 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 5 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi merupakan pasien asal Kabupaten Barito Timur yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Sedangkan, 2 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang menjalani perawatan di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Saat ini, total kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) mengalami pengurangan menjadi 69 orang saat ini. Total kasus PDP pada hari sebelumnya berjumlah 76 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 38 orang saat ini, PDP di RSSI Pangkalan Bun tetap 3 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 7 orang, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap berjumlah 2 orang, PDP di RSUD Muara Teweh berkurang menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Puruk Cahu mengalami pengurangan sebanyak 5 orang sehingga tersisa 3 orang saat ini, PDP di RS Siloam berkurang 2 orang menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh tetap berjumlah 7 orang, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang, PDP di RSUD Lamandau tetap 1 orang saat ini dan PDP di RSUD Pulang Pisau tetap berjumlah 1 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 27 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 2 orang, Kabupaten Barito Utara 4 orang, Kabupaten Murung Raya 3 orang, Kabupaten Pulang Pisau 3 orang, Kabupaten Katingan 10 orang, Kabupaten Kapuas 3 orang, Kabupaten Barito Timur 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 7 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Gunung Mas 3 orang dan Kabupaten Lamandau 1 orang.

Sama halnya kasus PDP yang mengalami pengurangan, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini turut mengalami pengurangan. Jumlah ODP sampai saat ini tersisa 369 orang. Telah terjadi pengurangan ODP sebanyak 3 orang dalam 24 jam terakhir.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 139 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 22 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 121 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 36 orang, RSUD Murjani berjumlah 9 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 11 orang.

Wilayah zona merah saat ini masih tetap berada di 1 Kota dan 12 Kabupaten, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook