Update Perkembangan Kasus Covid-19, Total Kasus Positif Di Kalteng Meningkat Signifikan

Kontribusi dari Widia Natalia, 28 April 2020 14:56, Dibaca 3 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19.

Total positif di wilayah Kalteng meningkat signifikan. Hingga hari ini, Selasa (28/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 di Kalteng naik menjadi 121 orang. Total kasus positif pada hari sebelumnya yakni Senin (27/04/2020) hanya berjumlah 112 orang.

(Baca Juga : BAZNAS KALTENG Gelat Rapat Tata Kelola Unit Pengumpulan Zakat)

Penambahan pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari 3 daerah diantaranya Palangka Raya sebanyak 4 orang, Kabupaten Kapuas sebanyak 2 orang, Kabupaten Barito Selatan sebanyak 1 orang dan Kabupaten Murung Raya sebanyak 2 orang. 

Saat ini, pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 yakni di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, karantina Pemda Kapuas dan RSUD Puruk Cahu.

Total kasus positif sebanyak 121 orang, masing-masing 104 orang masih dalam perawatan, 11 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia.

Sebanyak 104 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 68 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 14 orang, RSUD Murjani Sampit 16 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 4 orang dan RSUD Puruk Cahu 2 orang.

Sedangkan,11 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 8 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit dan 2 orang merupakan distribusi dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjalani perawatan di RSSI Pangkalan Bun.

Sementara, jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 tetap berjumlah 6 orang. Sebanyak 6 orang yang di nyatakan meninggal yakni 5 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 5 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi merupakan pasien asal Kabupaten Barito Timur yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Sedangkan, 1 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang menjalani perawatan di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Saat ini, total kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) masih sama dengan data pada hari sebelumnya yakni berjumlah 75 orang. Pada kasus PDP tidak mengalami peningkatan maupun pengurangan pada jumlahnya.

PDP di RSDS Palangka Raya berjumlah 37 orang, terjadi pengurangan sebanyak 2 orang dalam 24 jam terakhir, PDP di RSSI Pangkalan Bun tetap berjumlah 2 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 7 orang, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas bertambah menjadi 2 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap berjumlah 4 orang, PDP di RSUD Puruk Cahu mengalami pengurangan sebanyak 1 orang sehingga tersisa 10 orang saat ini, PDP di RS Siloam tetap berjumlah 5 orang, PDP di RSUD Jaraga Sasameh mengalami penambahan 1 orang sehingga menjadi 7 orang saat ini dan PDP di RS Bhayangkara menjadi 1 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 27 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 2 orang, Kabupaten Barito Utara 5 orang, Kabupaten Murung Raya 10 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 13 orang, Kabupaten Kapuas 4 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 7 orang, Kabupaten Seruyan 1 orang dan Kabupaten Gunung Mas 2 orang.

Setelah pada hari sebelumnya dikabarkan mengalami pengurangan, kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP)  saat ini kembali mengalami pengurangan. Jumlah ODP sampai hari ini tersisa 346 orang. Telah terjadi pengurangan ODP sebanyak 8 orang dalam 24 jam terakhir.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 139 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 16 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 123 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 41 orang, RSUD Murjani berjumlah 17 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 4 orang.

Wilayah zona merah saat ini masih tetap berada di 1 Kota dan 12 Kabupaten, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook