Perkembangan Kasus Covid-19 Di Wilayah Kalteng, Total Kasus Positif Terus Meningkat Hingga Mencapai 112 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 27 April 2020 15:38, Dibaca 1,330 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19.

Sampai dengan Senin, (27/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng mencapai 112 orang. Angka ini meningkat dari jumlah kasus positif pada hari sebelumnya yakni Minggu (26/04/2020) hanya berjumlah 104 orang.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 14 November 2022 : Sembuh 3 Orang, Konfirmasi 16 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Penambahan pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya sebanyak 2 orang, Kabupaten Barito Timur sebanyak 5 orang dan Kabupaten Murung Raya sebanyak 1 orang.

Saat ini, pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 yakni di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan RSUD Puruk Cahu.

Total kasus positif sebanyak 112 orang, masing-masing 95 orang masih dalam perawatan, 11 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia.

Sebanyak 95 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 62 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 14 orang, RSUD Murjani Sampit 16 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 2 orang dan RSUD Puruk Cahu 1 orang.

Sebanyak 11 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 8 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit dan 2 orang merupakan distribusi dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjalani perawatan di RSSI Pangkalan Bun.

Sementara, jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 saat ini mengalami penambahan sebanyak 1 orang. Diketahui 1 orang positif Covid-19 yang dinyatakan meninggal dalam 24 jam terakhir merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya.

Dengan adanya penambahan pada kasus meninggal dunia akibat Covid-19, saat ini jumlah pasien yang meninggal dunia menjadi 6 orang yakni 5 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 5 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi merupakan pasien asal Kabupaten Barito Timur yang dalam 24 jam terakhir dinyatakan meninggal dunia dan dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Sedangkan, 1 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang sebelumnya dirawat di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Setelah pada hari sebelumnya dikabarkan mengalami peningkatan, kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) saat ini mengalami pengurangan. Jumlah PDP sampai saat ini hanya tersisa 75 orang. Jumlah PDP dalam 24 jam terakhir mengalami pengurangan sebanyak 7 orang, dimana data pada hari sebelumnya, Minggu (26/04/2020) berjumlah 82 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berjumlah 39 orang, terjadi pengurangan sebanyak 4 orang dalam 24 jam terakhir, PDP di RSSI Pangkalan Bun tetap berjumlah 2 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 7 orang, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap 1 orang, PDP di RSUD Muara Teweh tetap berjumlah 4, PDP di RSUD Puruk Cahu mengalami pengurangan sebanyak 1 orang sehingga tersisa 11 orang saat ini, PDP di RS Siloam berkurang sebanyak 2 orang sehingga tersisa hanya 5 orang saat ini dan dan PDP di RSUD Jaraga Sasameh tetap berjumlah 6.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 25 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 2 orang, Kabupaten Barito Utara 5 orang, Kabupaten Murung Raya 13 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 12 orang, Kabupaten Kapuas 4 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 7 orang, Kabupaten Seruyan 1 orang dan Kabupaten Gunung Mas 2 orang.

Sama halnya dengan kasus PDP, kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini turut mengalami pengurangan. Jumlah ODP sampai saat ini tersisa 354 orang. Telah terjadi pengurangan ODP sebanyak 6 orang dalam 24 jam terakhir.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 139 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 16 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 123 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 41 orang, RSUD Murjani berjumlah 17 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 5 orang.

Wilayah zona merah saat ini masih tetap berada di 1 Kota dan 12 Kabupaten, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook