Perkembangan Terbaru Covid-19, Total Kasus Positif Di Kalteng Mencapai 78 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 April 2020 16:51, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Setelah dilaporkan pada Senin, (20/04/2020) pukul 15.00 WIB jumlah positif meningkat signifikan.

Sampai dengan Selasa, (21/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng kembali mengalami peningkatan dalam jumlah banyak. Total kasus positif saat ini berjumlah 78 orang. Data dalam 24 jam terakhir menyebutkan hanya berjumlah 60 orang.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19, 28 Oktober 2021 : Sembuh 12 Orang, Konfirmasi 8 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Penambahan pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya 2 orang, Kabupaten Lamandau 1 orang, Kabupaten Pulang Pisau 3 orang, Kabupaten Kapuas 1 orang, Kabupaten Barito Selatan 6 orang dan Kabupaten Murung Raya 5 orang.

Saat ini, pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 diantaranya di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, RSUD Sultan Imanuddin, RSUD Murjani dan Karantina Pemerintah Daerah Kapus.

Total kasus positif sebanyak 78 orang, masing-masing 65 orang masih dalam perawatan, 9 orang dinyatakan sembuh dan 4 orang meninggal dunia. Sampai dengan, Senin (20/04/2020) menyebutkan jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia berjumlah 3 orang. Dalam 24 jam terakhir, terjadi penambahan sebanyak 1 orang yang dinyatakan meninggal dunia.

Sebanyak 65 pasien yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 39 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 13 orang, RSUD Murjani Sampit 12 orang dan Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 1 orang.

Sementara, 9 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 8 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya dan 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit.

Sedangkan, 4 orang yang meninggal yakni 1 orang merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang di rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 1 orang lagi, meninggal pada Selasa (14/04/2020) sore yang sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya, 1 orang ialah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Kotawaringin Timur yang meninggal dunia pada (10/04/2020) lalu. Pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya pada Sabtu, (19/04/2020). Dan 1 orang positif yang dinyatakan meninggal dalam 24 jam terakhir merupakan pasien yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya.

Saat ini terdapat kasus baru di wilayah Kalteng yakni kasus Orang Tanpa Gejala (OTG). Terdapat 226 orang di Kalteng yang berstatus OTG. OTG terbanyak ada di Kabupaten Barito Selatan berjumlah 79 orang.

Kasus PDP dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus mengalami pengurangan.

Jumlah PDP dalam 24 jam terakhir mengalami pengurangan sebanyak 15 orang. Total kasus PDP pada hari ini menjadi 58 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berkurang menjadi 30 orang, mengalami pengurangan sebanyak 12 orang dalam 24 jam terakhir, PDP di RSSI Pangkalan Bun tetap berjumlah 10 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit juga turut mengalami pengurangan menjadi 1 orang, dimana data 24 jam terakhir berjumlah 3 orang, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap berjumlah 1 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang Barito Timur yang dalam 24 jam terakhir ada 1 orang, saat ini menjadi tidak ada, PDP di RSUD Muara Teweh tetap 6 orang dan PDP di RSUD Puruk Cahu tetap 9 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 14 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 10 orang, Kabupaten Barito Utara 4 orang, Kabupaten Murung Raya 15 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 2 orang, Kabupaten Gunung Mas 2 orang, Kabupaten Kapuas 2 orang dan Kabupaten Barito Timur 6 orang.

Sama halnya dengan PDP yang mengalami pengurangan, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini kembali mengalami pengurangan.

ODP di wilayah Kalteng mengalami pengurangan sebanyak 13 orang dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Jumlah ODP pada hari ini tersisa 252 orang, dimana diketahui pada hari sebelumnya Senin, (20/04/2020) berjumlah 265 orang. ODP terbanyak tetap berada di Kota Palangka Raya berjumlah 60 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 124 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 20 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 108 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 7 orang, RSUD Murjani berjumlah 6 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 6 orang.

Wilayah zona merah sampai saat ini berada di 1 Kota dan 11 Kabupaten, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Lamandau. Sedangkan, zona kuning hanya berada di 1 Daerah yakni Kabupaten Gunung Mas. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook