Tim Covid-19 RSSI Kembali Lakukan SWAB Test

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 17 April 2020 14:58, Dibaca 242 kali.


MMCKalteng - Kobar – Jum’at (17/4/2020) pagi, Tim Covid-19 RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun kembali melakukan SWAB dan Serum test kepada pasien yang telah datang ke RSSI Pangkalan Bun.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Covid-19 RSSI dr. Aziz, Sp.P. Ia menegaskan bahwa yang dideteksi positif dalam rapid test belum tentu juga akan terkonfirmasi positif Covid-19. Sebab rapid test fungsinya adalah screening awal dan kalau pun hasilnya positif bisa saja antibodi yang dideteksi oleh alat merupakan antibodi virus corona jenis lain yang sudah dibentuk oleh tubuh.

“Rapid test bukan standart untuk deteksi Covid-19 tapi cukup untuk screening awal. Dan belum pasti yang positif di rapid test itu menderita Covid-19, bukan begitu. Tapi bisa jadi dia mendeteksi antibodi untuk virus corona yang lain seperti SARS atau MERS. Jadi konfirmasi presisi harus di swab PCR,” tegas dr. Aziz.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 39 Orang dan Konfirmasi Baru 31 Orang)

Meski demikian rapid test tetap memiliki efektifitas deteksi dini untuk kepentingan tracking berikutnya.

Rencananya hari ini, Jum’at (17/4/2020) ada 6 pasien yang akan diperiksa swab. Proses swab ini melibatkan dokter, perawat isolasi dan petugas laboratorium. (rssi pbun)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook