Perkembangan Kasus Covid-19 Di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 April 2020 15:07, Dibaca 1,579 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Hari ini tidak ada penambahan pada kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng, data kasus positif hari ini masih sama dengan data hari sebelumnya pada Minggu, (12/04/2020) pukul 15.00 WIB. Berbeda dengan Jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang mengalami penambahan dan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang mengalami penurunan pada hari ini.

 Sampai dengan Senin, (13/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif masih berjumlah 25 orang, masing-masing 16 orang masih dalam perawatan, 8 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

(Baca Juga : Update Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 16 Orang Dan Kasus Konfirmasi 14 Orang)

Pasien positif Covid-19 sebanyak 16 orang tersebut sampai saat ini masih berada di sejumlah RS rujukan yang sama yakni di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 8 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 4 orang dan RSUD Murjani Sampit 4 orang.

Sementara, 8 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya dan 1 orang yang meninggal merupakan pasien rujukan dari Kapuas yang di rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Sejumlah daerah yang termasuk zona merah atau wilayah yang terdapat warganya positif Covid-19 di Kalteng sampai saat ini masih tetap berjumlah 6 daerah yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Katingan.

Jumlah ODP di wilayah Kalteng pada hari ini mengalami pengurangan dalam jumlah banyak yakni 83 orang. Pengurangan tersebut berdasarkan pada 24 jam terakhir. ODP pada hari ini hanya berjumlah 488 orang, dimana diketahui pada hari sebelumnya (12/04/2020) berjumlah 571 orang. ODP terbanyak ada di Kabupaten Kotawaringin Barat berjumlah 109 orang.

Berbanding dengan jumlah PDP yang mengalami penambahan sebanyak 1 orang dalam waktu 24 jam terakhir. Meskipun penambahan tersebut tidak sebanyak penambahan yang terjadi pada hari sebelumnya. Total kasus PDP pada hari ini berjumlah 66 orang. Data pada hari sebelumnya menyebutkan hanya berjumlah 65 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berjumlah 47 orang, mengalami penambahan sebanyak 2 orang dari hari sebelumnya. PDP di RSSI Pangkalan Bun tetap berjumlah 7 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 12 orang dan PDP di RSUD Puruk Cahu yang sebelumnya sebanyak 1 orang, kini menunjukan angka nol pada hari ini atau tidak ada PDP di RS tersebut. Diketahui 1 orang PDP yang sebelumnya dirawat di RSUD Puruk Cahu, saat ini sudah berpindah ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 16 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 7 orang, Kabupaten Barito Utara 6 orang, Kabupaten Murung Raya 10 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 7 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Katingan 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 6 orang, Kabupaten Seruyan 1 orang, Kabupaten Gunung Mas 3 orang dan Kabupaten Lamandau 1 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium PDP Covid-19, di RSUD Palangka Raya sebanyak 79 orang dinyatakan negatif, 16 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 1 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 47 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 7 orang dan RSUD Murjani berjumlah 12 orang. (MC Gugus Tugas Covid-19 Kalteng) 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook