14 Pasien Positif Dalam Perawatan, 6 Sembuh

Kontribusi dari Widia Natalia, 07 April 2020 16:07, Dibaca 249 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Sehubungan dengan konfirmasi positif 2 orang di Pangkalan Bun, 3 orang di Sampit dan 1 orang di Tamiyang Layang, dengan demikian sampai saat ini terdapat 4 wilayah zona merah Covid-19 diantaranya Palangka Raya, Pangkalan Bun, Sampit dan Tamiyang Layang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalteng Leonard S. Ampung pada saat press release melalui live streaming di media sosial (Medsos) Facebook MMCtv Kalteng, di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng.

(Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 59 Orang dan Konfirmasi Baru 62 Orang)

Sampai dengan Selasa, (07/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif ada 20 orang di wilayah Kalteng yakni 14 orang masih dalam perawatan dan 6 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Dari 14 orang yang dirawat tersebut, berada di sejumlah RS rujukan di wilayah Kalteng yakni RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya sebanyak 9 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) sebanyak 2 orang dan RSUD Murjani Sampit sebanyak 3 orang.

Sedangkan, 6 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni berdasarkan hasil dari Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya.

"Bila melihat history pada kasus-kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah, kita mendapati bahwa hampir semua kasus tersebut terinfeksi dari luar Kalimantan Tengah", ucap Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalteng.

Selain itu, Ketua Gugus Tugas Leonard S. Ampung mengungkapkan saat ini masyarakat dikejutkan dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) yakni yang sudah terinfeksi Covid-19 tetapi tidak mengalami gejala kesehatan.

Leonard juga mengatakan, hal tersebut patut diwaspadai karena berpotensi tinggi menjadi faktor penularan ditengah masyarakat.

"Karena satu sisi orang tersebut tidak mengalami keluhan apapun, dan kemudian di sisi yang lain banyak masyarakat yang belum melaksanakan dengan benar ketentuan physical distancing menjaga jarak", imbuhnya.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kalteng saat ini kembali mengalami penambahan sebanyak 6 orang, sehingga jumlah ODP menjadi 603 orang. ODP terbanyak saat ini ada di Kota Palangka Raya berjumlah 145 orang.

Sama halnya dengan jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang mengalami penambahan sebanyak 11 orang dari hari sebelumnya hanya 34 orang, sehingga total kasus pada hari ini berjumlah 45 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berjumlah 31 orang, PDP di RSSI Pangkalan Bun berjumlah 7 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit berjumlah 6 orang dan PDP di RSUD Mas Amsyar Katingan berjumlah 1 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 20 orang dan sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat 7 orang dan sedang menjalani perawatan di RSSI Pangkalan Bun, Kabupaten Barito Utara 4 orang dan sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya, Kabupaten Murung Raya 5 orang yang masing-masing, 1 orang sedang dirawat di RSUD Murjani dan 4 orang di RSDS Palangka Raya, Kabupaten Kapuas 1 orang dan sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur 3 orang dan sedang menjalani perawatan di RSUD Murjani, Kabupaten Pulang Pisau 1 orang dan sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya dan Kabupaten Katingan 4 orang yang masing-masing, 2 orang sedang dirawat di RSUD Murjani, 1 orang sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya dan 1 orang sedang menjalani proses rujuk.

Konfirmasi hasil Laboratorium PDP Covid-19, di RSUD Palangka Raya sebanyak 72 orang dinyatakan negatif dan RSSI Pangkalan Bun sebanyak 12 orang yang dinyatakan negatif. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 31 orang dan di RSSI Pangkalan Bun berjumlah 9 orang.

Terakhir Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalteng menyampaikan pesan dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yakni mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan kesempatan ini untuk saling menyemangati.

"Mari kita mengambil inspirasi dari tenaga medis kita yang berjuang di garda terdepan, semangat juang, semangat kemanusiaan yang mereka perlihatkan, kita gunakan untuk mempererat persatuan dan persaudaraan kita sebagai sesama anak Bangsa yang hidup di Bumi Isen Mulang yang kita cintai ini", ucap Sugianto Sabran melalui Ketua Gugus Covid-19 Kalteng. (WDY/Foto:Arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook