Bertambah, Total Kasus Positif Covid-19 di Wilayah Kalteng Menjadi 11 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 03 April 2020 15:56, Dibaca 354 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Berdasarkan data per 03 April 2020 pukul 15.00 WIB, ada penambahan total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) yakni totalnya berjumlah 11 orang. Dari 11 orang tersebut, dalam perawatan 9 orang dan 2 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng Leonard S. Ampung didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi saat menyampaikan perkembangan terkini kasus Covid-19 di wilayah Kalteng pada saat press release melalui live streaming di media sosial (Medsos) Facebook MMCtv Kalteng di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (03/04/2020).

(Baca Juga : Sekda Kalteng Menerima Vaksin Covid-19 Perdana )

Lanjut disampaikan, Penambahan 1 orang positif Covid-19 pada hari ini berada di RSSI Pangkalan Bun dan sisanya yang berjumlah 8 orang saat ini berada di RSDS Palangka Raya.

Riwayat perjalanan 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, yakni mereka yang melakukan perjalanan dari luar daerah.

"Bila kita melihat histori perjalanannya, pasien ini dapat dikategorikan masuk dalam kluster Sulawesi bersama dengan puluhan orang lainnya yang termasuk mengikuti kegiatan keagamaan di Gowa Sulawesi Selatan", ujar Ketua Gugus Tugas.

Sesuai dengan protokol penanganan Covid-19 maka yang bersangkutan dalam perawatan di RSSI dan semua anggota rombongan yang lain secara otomatis masuk dalam status ODP dan dalam pengawasan penuh dari Gugus Tugas Kabupaten Kotawaringin Barat.

Untuk sementara, para jemaah yang mengikuti kegiatan keagamaan di Gowa Sulawesi Selatan yang ada di Palangka Raya saat ini masih menunggu konfirmasi dari hasil laboratorium.

"Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi zona merah", tambahnya.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini berjumlah 659 orang.

Jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) mengalami pertambahan sebanyak 5 orang sehinggal total kasus berjumlah 45 orang.

PDP di RS Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya berjumlah 35 orang. PDP yang menjalani perawatan di RSDS bertambah sebanyak 2 orang.

Sementara, PDP di RS Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun berjumlah 6 orang. PDP yang menjalani perawatan di RSSI turut mengalami pertambahan sebanyak 1 orang. Sedangkan RSUD Jaraga Sasameh tetap berjumlah 1 orang.

Kemudian, RS Murjani Kotawaringin Timur berjumlah 3 orang. Mengalami pertambahan sebanyak 2 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 25 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 5 orang, Kabupaten Barito Selatan 1 orang, Kabupaten Barito Utara 3 orang, Kabupaten Murung Raya 2 orang, Kabupaten Sukamara 1 orang, Kabupaten Kapuas 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 4 orang yang masing-masing 3 orang dirawat di RSUD dan 1 orang di RS Murjani, Kabupaten Barito Timur 1 orang.

Ketua Gugus kembali menuturkan konfirmasi hasil Laboratorium PDP Covid-19, di RSUD Palangka Raya sebanyak 46 orang dinyatakan negatif dan RSSI Pangkalan Bun sebanyak 9 orang yang dinyatakan negatif. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 35 orang dan di RSSI Pangkalan Bun berjumlah 1 orang.

Leonard S. Ampung menyampaikan kondisi PDP Suspek Covid-19 yang sedang dalam perawatan di ruang Isolasi RSSI Pangkalan Bun dan RSDS kondisinya sampai saat ini masih distabilkan. (WDY/Foto:Duan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook