PDP di RSDS Berpeluang Akan Sembuh Total

Kontribusi dari Widia Natalia, 02 April 2020 15:44, Dibaca 284 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sampaikan perkembangan terkini kasus Covid-19 di wilayah Kalteng, per 02 April 2020 pukul 15.00 WIB, Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang saat ini sedang di rawat di RS Doris Sylvanus (RSDS) berpeluang sembuh tanpa masalah apapun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul pada saat press release melalui live streaming di media sosial (Medsos) Facebook MMCtv Kalteng di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (02/04/2020).

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 36 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 40 Orang)

Dirinya meyakini hampir seratus persen nantinya PDP yang saat ini sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya akan sehat atau sembuh sempurna tanpa mengalami cacat dan gangguan-gangguan lain.

Hadir secara khusus diantaranya Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng Leonard S. Ampung, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalteng Syahril Tarigan dan Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi.

Suyuti Syamsul juga menjelaskan, bahwa pada hari ini pihaknya baru saja menerima bantuan dari Kementerian kesehatan berupa tablet anti virus.

Pada kesempatan tersebut, dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, kiranya wabah pandemi ini dapat segera berakhir, sehingga kita dapat beraktivitas secara normal kembali.


Ditempat yang sama, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng Leonard S. Ampung menyampaikan perkembangan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah kalteng sampai sore hari ini berjumlah 652 orang. Dalam hal ini, ODP mengalami penambahan sebanyak 44 orang, dimana data pada hari sebelumnya berjumlah 608 orang.

Sebaran kasus ODP di Kalteng berada di sejumlah wilayah diantaranya Kota Palangka Raya 197 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 129 orang, Kabupaten Seruyan 31 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 60 orang, Kabupaten Barito Selatan 41 orang, Kabupaten Lamandau 47 orang, Kabupaten Kapuas 19 orang, Kabupaten Katingan 42 orang, Kabupaten Sukamara 9 orang, Kabupaten Barito Utara 20 orang, Kabupaten Barito Timur 14 orang, Kabupaten Murung Raya 14 orang, Kabupaten Pulang Pisau 24 orang dan Kabupaten Gunung Mas 5 orang.

Lebih lanjut disampaikan, jumlah kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng mengalami penambahan sebanyak 6 orang sehingga total kasus berjumlah 40 orang.

PDP yang sedang menjalani perawatan di RS Rujukan yakni terbanyak di RSDS Palangka Raya berjumlah 33 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun berjumlah 5 orang, RSUD Jaraga Sasameh Buntok 1 orang dan RSSI Kotawaringin Timur berjumlah 1 orang.

Jumlah positif Covid-19 sampai dengan hari ini tetap berjumlah 8 orang.

"Perlu kami sampaikan juga bahwa hari ini total kasus positif masih 10 orang, didalam perawatan ada 8 orang, kemudian sembuh 2 orang", kata Leonard S. Ampung.

Ketua Gugus kembali menuturkan konfirmasi hasil Laboratorium PDP Covid-19, di RSUD Palangka Raya sebanyak 44 orang dinyatakan negatif dan RSSI Pangkalan Bun sebanyak 9 orang yang dinyatakan negatif. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 33 orang dan di RSSI Pangkalan Bun berjumlah 3 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 24 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 1 orang, Kabupaten Barito Utara 3 orang,Kabupaten Murung Raya 1 orang, Kabupaten Sukamara 1 orang Kabupaten Kapuas 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 2 orang dan Kabupaten Barito Timur 1 orang.

Leonard S. Ampung mengatakan untuk wilayah karantina ODP dan PDP di Kalteng sudah disiapkan secara khusus yakni untuk ODP di hotel Dandang Tingang Palangka Raya sedangkan PDP dipusatkan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Prov. Kalteng. (WDY/Foto:)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook