8 Pasien Positif Dalam Perawatan, 2 Pasien Sembuh

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 April 2020 18:10, Dibaca 258 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sampaikan perkembangan terkini kasus Covid-19 di wilayah Kalteng, per 01 April 2020 pukul 15.00 WIB, berdasarkan data yang dihimpun memperlihatkan bahwa total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng hingga pada hari ini berjumlah 10 orang. Dari total kasus positif sebanyak 10 orang, 8 orang sedang menjalani perawatan dan 2 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes dr. Endang Sri Lestari pada saat press release melalui live streaming di media sosial (Medsos) Facebook MMCtv Kalteng di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (01/04/2020).

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 11 Orang Dan Konfirmasi Baru 44 Orang)

Hadir secara khusus diantaranya Direktur RSUD Doris Sylvanus dr. Yayu Indrianty dan Sekretaris BPBD Prov. Kalteng Maria Cahaya

Lanjut disampaikan oleh Kabid P2P Dinkes Kalteng dr. Endang Sri Lestari, saat ini ke 8 orang pasien positif Covid-19 sedang menjalani perawatan di RS rujukan RSDS Palangka Raya.

Ditempat yang sama Direktur RSUD Doris Sylvanus dr. Yayu Indrianty mengatakan pada hari ini positif Covid-19 bertambah 1 orang lagi. 1 orang positif Covid-19 pada hari ini merupakan salah satu pejabat Pemerintah Kota Palangka Raya.

Yayu Indrianty menjelaskan, pada hari ini pihaknya juga telah mengantarkan 1 orang pasien yang telah dinyatakan sembuh untuk pulang kerumah.

"Beliau dinyatakan sembuh setelah pernah dinyatakan positif. Dari hasil pemeriksaan, 2 kali pemeriksaan beliau dinyatakan negatif", pungkasnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh dr. Endang Sri Lestari, jumlah kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng berkurang menjadi 34 orang. Pada hari sebelumnya, PDP di Kalteng berjumlah 41 orang.

Untuk distribusi PDP berdasarkan Rumah Sakit Rujukan, RSDS Palangka Raya berjumlah 28 orang, data pada hari sebelumnya berjumlah 33 orang. Dengan demikian kasus PDP yang menjalani perawatan di RSDS mengalami penurunan jumlah pasien sebanyak 5 orang.

Sementara, distribusi PDP di RS Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun tetap berjumlah 5 orang dan distribusi PDP di RSUD Jaraga Sasameh Buntok tetap 1 orang. Sedangkan di RSUD Muara Teweh sebelumnya berjumlah 2 orang, pada hari ini menunjukan angka nol atau tidak ada.

Dari 41 orang yang dinyatakan PDP, berasal dari masing-masing Daerah yakni di Kota Palangka Raya 21 orang, berkurang 4 orang dari hari sebelumnya berjumlah 25 orang. Kabupaten Kotawaringin Barat tetap 4 orang, Kabupaten Barito Selatan berkurang menjadi 1 orang yang dimana pada hari sebelumnya berjumlah 3 orang dan saat ini 1 orang tersebut sedang di isolasi di RSUD Jaraga Sasameh Buntok. Kabupaten Barito Utara tetap 3 orang. Kabupaten Murung Raya yang sebelumnya 2 orang menjadi 1 orang dan 1 orang lainnya dinyatakan negatif. Kabupaten Sukamara tetap 1 orang.

Sementara, Kabupaten Kapuas yang sebelumnya tidak ada bertambah sebanyak 2 orang dan hal yang sama terjadi pada Kabupaten Kotawaringin Timur yang sebelumnya tidak ada menjadi bertambah 1 orang.

Untuk 2 Kabupaten yakni Kabupaten Katingan dan Kabupaten Barito Timur yang sebelumnya menunjukan terdapat kasus PDP, berdasarkan data 24 jam terakhir menunjukan angka nol atau hasil negatif.

dr. Endang Sri Lestari kembali menuturkan konfirmasi hasil Laboratorium PDP Covid-19 berdasarkan RS rujukan Covid-19 Kalteng, yakni sebanyak 51 orang dinyatakan negatif, masing-masing 42 orang yang berada di RSDS Palangka Raya dan 9 orang berada di RSSI Pangkalan Bun. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 28 orang dan di RSSI Pangkalan Bun berjumlah 3 orang.

Endang juga mengatakan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah kalteng dalam kurun waktu 24 jam terakhir mengalami penambahan sebanyak 53 orang. Pada hari ini, ODP berjumlah 608 orang. Data per 31 Maret 2020 pukul 15.00 WIB hanya berjumlah 555 orang.

Sebaran kasus ODP di Kalteng berada di sejumlah wilayah diantaranya Kota Palangka Raya 209 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 129 orang, Kabupaten Seruyan 29 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 32 orang, Kabupaten Barito Selatan 41 orang, Kabupaten Lamandau 43 orang, Kabupaten Kapuas 16 orang, Kabupaten Katingan 30 orang, Kabupaten Sukamara 9 orang, Kabupaten Barito Utara 15 orang, Kabupaten Barito Timur 13 orang, Kabupaten Murung Raya 15 orang, Kabupaten Pulang Pisau 22 orang dan Kabupaten Gunung Mas 5 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, Penyemprotan Disinfektan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng bersama dengan Kota Palangka Raya sudah mengcover hampir seluruh wilayah kota Palangka Raya. Hari ini, pihaknya sudah melakukan penyemprotan di sejumlah lokasi yakni daerah MPA Kelurahan Kereng, Jl. Danau Indah, Danau Sari, Pinguin, Manyar, Mekar Sari, Ir.Suyatno, Danau Ilung, Petuk Ketimpun dan wilayah Jekan Raya. (WDY/Foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook