Bertambah 2 orang, Total Positif Covid-19 di Kalteng Menjadi 9 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 31 Maret 2020 16:38, Dibaca 1,347 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sampaikan perkembangan terkini kasus Covid-19 di wilayah Kalteng, per 31 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, berdasarkan data yang dihimpun memperlihatkan bahwa pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Kalteng bertambah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes dr. Endang Sri Lestari pada saat press release melalui live streaming di media sosial (Medsos) Facebook MMCtv Kalteng, didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi dan Sekretaris BPBD Prov. Kalteng Maria Cahaya di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (31/03/2020).

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 8 Maret 2022 : Sembuh 442 Orang, Konfirmasi 154 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Lanjut disampaikan oleh Kabid P2P Dinkes Kalteng dr. Endang Sri Lestari, hingga hari ini, total ada 9 orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Kalteng. Dari 9 orang tersebut diantaranya 8 orang sedang menjalani perawatan dan 1 orang dinyatakan sembuh. Ke 8 orang pasien positif Covid-19 sedang menjalani perawatan di RS rujukan Doris Sylvanus (RSDS).

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng bertambah menjadi 41 orang.

Untuk distribusi PDP berdasarkan Rumah Sakit Rujukan, RSDS Palangka Raya berjumlah 33 orang, data pada hari sebelumnya berjumlah 34 orang. Dengan demikian kasus PDP yang menjalani perawatan di RSDS mengalami penurunan jumlah pasien.

Sementara, distribusi PDP di RS Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun berjumlah 5 orang. Data pada hari sebelumnya hanya berjumlah 4 orang. RS rujukan Sultan Imanuddin Pangkalan Bun mengalami penambahan jumlah kasus PDP sebanyak 1 orang.

Kemudian, distribusi PDP di RSUD Jaraga Sasameh Buntok tetap 1 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 2 orang. Diketahui pada hari sebelumnya, tidak ada distribusi PDP di RSUD Muara Teweh.

Dari 41 orang yang dinyatakan PDP, berasal dari masing-masing Daerah yakni di Kota Palangka Raya 25 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang dimana pada hari sebelumnya berjumlah 3 orang, Kabupaten Barito Selatan 3 orang yang masing-masing 2 orang berada di RSDS Palangka Raya dan 1 orang di isolasi di RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Utara turut mengalami pertambahan menjadi 3 orang yang sebelumnya hanya 1 orang, masing-masing 1 orang berada di RSDS Palangka Raya dan 2 orang lainnya masih dalam proses rujuk dari RSUD Muara Teweh. Sementara, Kabupaten Murung Raya tetap 2 orang, Kabupaten Katingan 1 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang dan Kabupaten Sukamara 1 orang.

dr. Endang Sri Lestari kembali menuturkan konfirmasi hasil Laboratorium PDP Covid-19 berdasarkan RS rujukan Covid-19 Kalteng, yakni sebanyak 39 orang dinyatakan negatif, masing-masing 30 orang yang berada di RSDS Palangka Raya dan 9 orang berada di RSSI Pangkalan Bun. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 33 orang dan di RSSI Pangkalan Bun berjumlah 3 orang.

Endang juga mengatakan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah kalteng terus mengalami penambahan. Pada hari ini, ODP berjumlah 555 orang. Data per 30 Maret 2020 pukul 15.00 WIB hanya berjumlah 545 orang. ODP mengalami penambahan sebanyak 10 orang. Penambahan ODP dalam waktu 24 jam terakhir tidak sebanyak dari hari sebelumnya.

Sebaran kasus ODP di Kalteng berada di sejumlah wilayah diantaranya Kota Palangka Raya 209 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 92 orang, Kabupaten Seruyan 45 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 33 orang, Kabupaten Barito Selatan 40 orang, Kabupaten Lamandau 33 orang, Kabupaten Kapuas 16 orang, Kabupaten Katingan 21 orang, Kabupaten Sukamara 9 orang, Kabupaten Barito Utara 7 orang, Kabupaten Barito Timur 13 orang, Kabupaten Murung Raya 14 orang, Kabupaten Pulang Pisau 20 orang dan Kabupaten Gunung Mas 3 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, Penyemprotan Disinfektan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng bersama dengan Kota Palangka Raya sudah mengcover hampir seluruh wilayah kota Palangka Raya. Hari ini, pihaknya sudah melakukan penyemprotan di daerah pasar yakni pasar Kahayan. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook