Bertambah Lagi, Positif Covid-19 di Kalteng Menjadi 5 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Maret 2020 16:04, Dibaca 1,850 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sampaikan info per 26 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, kasus Positif Covid-19 di wilayah Kalteng bertambah 1 orang lagi.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Suyuti Syamsul saat pimpin press release melalui live streaming di media sosial (Medsos) Facebook MMCtv Kalteng, didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng Darliansyah, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi dan Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (25/03/2020).

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 27 April 2022 : Sembuh 1 Orang, Konfirmasi 6 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Lebih lanjut disampaikan, sebanyak 40 orang warga Kalteng dinyatakan Pasien Dengan Pengawasan (PDP), yang terdiri dari 28 pasien negatif, 7 orang masih menunggu hasil laboratorium dan 5 orang dinyatakan positif. Data per 25 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, Positif Covid-19 di wilayah Kalteng hanya berjumlah 4 orang.

Wakil Ketua Gugus Covid-19 Kalteng juga menyampaikan, pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19, saat ini kondisinya stabil dan masih dilakukan pemeriksaan secara intens. Ke 5 pasien positif tersebut sekarang sedang menjalani perawatan di RS Doris Sylvanus (RSDS).

Sementara, 7 orang lainnya yang masih menunggu hasil laboratorium kini sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan maupun RS transit Covid-19, diantaranya RSDS Palangka Raya, RS Sultan Imanudin (RSSI) Pangkalan Bun dan RSUD Mas Amsyar Katingan.

Suyuti Syamsul kembali mengungkapkan sejumlah Rumah Sakit (RS) Kalteng yang menangani kasus PDP diantaranya RS Doris Sylvanus (RSDS) berjumlah 36 orang, RS Sultan Imanudin (RSSI) Palangkalan Bun berjumlah 2 orang, RSUD dan RSUD Mas Amsyar Katingan berjumlah 2 orang. Kasus 2 orang PDP yang sedang menjalani perawatan di RSUD Mas Amsyar Katingan, yakni 1 orang di rujuk ke RSDS dan 1 orang masih berada di ruang isolasi RSUD Mas Amsyar.

Dari 40 masyarakat Kalteng yang dinyatakan PDP, berasal dari Kabupaten/ Kota diantaranya Kota Palangka Raya berjumlah 32 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat berjumlah 2 orang, Seruyan berjumlah 1 orang, Barito Selatan berjumlah 1 orang, Murung Raya berjumlah 2 orang dan Katingan 2 orang.

Hasil pantauan Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus mengalami peningkatan dari hari sebelumnya, sehingga jumlah kasus ODP berjumlah 283 orang. Data per 25 Maret 2020, kasus ODP berjumlah 248 orang. Dalam hal ini kasus ODP bertambah 35 orang dari hari sebelumnya. Kasus ODP ditemui paling banyak di Kota Palangka Raya dengan jumlah 75 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, saat ini belum ada penambahan ruang isolasi bagi pasien suspek Covid-19. Data yang dihimpun yakni RSDS Palangka Raya tetap menyediakan 5 ruangan isolasi dengan 32 tempat tidur, RSSI Pangkalan Bun tetap menyediakan 16 ruangan dengan 19 tempat tidur dan RSUD dr. Murjani tetap menyediakan 4 ruangan dengan 16 tempat tidur.

Lebih lanjut dipaparkan, kondisi PDP suspek Covid-19 yang sedang dalam perawatan di ruang isolasi RSSI RSDS kondisinya sampai saat ini masih distabilkan.

Gugus Tugas Covid-19, pada hari ini telah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi ruas-ruas jalan Kota Palangka Raya guna mencegah penyebaran Covid-19 diantaranya Jl. Sisingamangaraja, Jl. Yos Sudarso, Jl. Rinjani dan Jl. Tjilik Riwut km. 2. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook