Gugus Tugas Sampaikan Perkembangan Terbaru Covid-19

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 Maret 2020 16:37, Dibaca 858 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sampaikan info per 21 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, Pasien Positif Covid-19 di wilayah Kalteng saat ini masih 2 orang.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Agus Siswadi saat pimpin press release didampingi Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sholihin, Plt. Kadis Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suryani, Kabid Yankes Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dr. Feri irawan di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (21/03/2020).

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 26 Februari 2022 : Sembuh 249 Orang, Konfirmasi 324 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Anggota Gugus Tugas Agus Siswadi mengungkapkan data Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kalteng terus meningkat hingga berjumlah 146 orang. Kasus ODP ditemui paling banyak di Kabupaten Kotawaringin Barat berjumlah 38 orang.

Lebih lanjut dijelaskan Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini berjumlah 37 orang. Jumlah PDP 37 orang dengan progress sebagai berikut. Pasien Negative Covid-19 berjumlah 10 orang, Pasien Positif Covid-19 berjumlah 2 orang dan masih menunggu hasil laboratorium sebanyak 25 orang.

Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 di wilayah Kalteng, yang masih menangani kasus PDP, diantaranya RS Doris Sylvanus berjumlah 31 kasus dan RS Sultan Imanudin (RSSI) Palangkalan Bun berjumlah 6 kasus.

Dari 37 kasus PDP yang sedang mengalami penanganan di RS rujukan Covid-19 yakni RSDS dan RSSI berasal dari Kabupaten/ Kota. Kasus PDP yang berasal dari Kota Palangka Raya sebanyak 28 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Sukamara 1 orang, Lamandau 1 orang, Seruyan 1 orang, Barito Selatan 1 orang dan Barito Utara 1 orang.

Ketersediaan ruang isolasi di RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya terdapat 5 ruangan dengan 32 tempat tidur dan RSSI Pangkalan Bun terdapat 16 ruangan dengan 19 tempat tidur.

Agus Siswadi juga memaparkan kondisi PDP suspek Covid-19 yang sedang dalam perawatan di ruang isolasi RSSI dan RSDS kondisinya sampai saat ini masih distabilkan.

Pemprov. Kalteng beserta Pemerintah Daerah (Pemda) pada hari ini 21 Maret 2020, juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi diantaranya Mandiri Syariah, Terminal W. A Gara, Kantor Dinas Kesehatan Kab. Barito Selatan, Kantor Dinas Kesehatan Kab. Lamandau, Tempat Ibadah Swalayan, Polres Kotim Puskesmas, Wilayah kerja Puskesmas Kab. Barito Timur dan Balai Latihan Kesehatan (Bapelkes) Prov. Kalteng.

Penyemprotan disinfektan dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kalteng. (WDY/Foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook