Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 Pantau Bandara Tjilik Riwut

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 Maret 2020 12:39, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) terus memperketat pemeriksaan seluruh penumpang yang akan terbang maupun tiba di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (21/03/2020).

Hal ini dilakukan usai Pemprov. Kalteng ditetapkan menjadi status Tanggap Darurat Pandemi Covid-19.

(Baca Juga : Sahli Gubernur Herson B. Aden : Pemerintah Daerah Memiliki Peran Strategis Mencegah dan Berantas Korupsi)

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Leonard S. Ampung beserta rombongan memantau keadaan area Bandara Tjilik Riwut mulai dari gerbang keberangkatan, ruang tunggu, restoran, serta gerbang kedatangan.

Pada saat melakukan pemeriksaan, terdapat beberapa staf Bandara yang tidak menggunakan masker dan sarung tangan saat sedang bertugas.

Pihak Bandara mengakui mengalami kesulitan dikarenakan stok ketersediaan masker dan hand sanitizer di Kalteng sangat terbatas yakni stoknya sudah hampir habis sehingga sulit untuk didapatkan. Kendala tersebut menyebabkan pihaknya kesulitan untuk menjalankan pekerjaannya sesuai SOP yang sudah ada.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sholihin mengatakan, mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) yang dikirim ke Bali, saat tiba di Palangka Raya, mereka sudah dilakukan pemantauan secara khusus.

"Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kalteng, Bandara Tjilik Riwut sudah menyediakan alat pendeteksi suhu badan secara otomatis yang bisa mendeteksi suhu traveler atau wisatawan yang baru datang", pungkasnya.


Apabila suhu badan berada diatas 37º C maka layar akan menyala (warna merah) secara otomatis.

Lebih lanjut dipaparkan, pihak Bandara juga sudah menyediakan formulir yang wajib diisi bagi wisatawan domestik maupun international, sebagai catatan kesehatan mereka.

Selain itu, Bandara Tjilik Riwut juga telah memiliki alat penyemprot/sprayer disinfektan yang mengandung alkohol 70 persen untuk disemprotkan ke wisatawan/traveler apabila ada yang mengalami gejala covid-19. (WDY/Foto:Rikah)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook