Gugus Tugas Covid-19 Sampaikan Info Terkini Penanganan di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 19 Maret 2020 16:10, Dibaca 417 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengungkapkan perkembangan terkini Covid-19 di wilayah Kalteng.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung saat pimpin press release, di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (19/03/2020).

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 : Sembuh 24 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 19 Orang)

Press release tersebut turut dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Herson B. Aden, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Yaesar Wawan serta sekretaris BPBD Kalteng Maria Cahaya.

Ketua Gugus Tugas Leonard S. Ampung sampaikan info per 19 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, data Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kalteng berjumlah 70 orang. Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan Daerah terbanyak ODP yakni sebanyak 23 orang

"Jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) sebanyak 22 orang dengan progress hasil masing-masing yakni negative Covid-19 sebanyak 10 orang, positive Covid-19 menunjukan angka 0 atau tidak ada dan menunggu hasil laboratorium sebanyak 12 orang", pungkasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, data PDP sebanyak 22 orang tersebut tersebar di beberapa Kabupaten diantaranya Barito Utara sebanyak 2 orang, Barito Selatan sebanyak 1 orang, Palangka Raya sebanyak 11 orang, Sukamara sebanyak 2 orang, Kotawaringin Barat sebanyak 4 orang, Seruyan sebanyak 1 orang dan Katingan sebanyak 1 orang.

"Dari 3 RS rujukan Covid-19 yang ada di Kalteng, terdapat 7 ruangan isolasi, dengan jumlah tempat tidur sebanyak 36. Hingga saat ini hanya 22 tempat tidur yang terpakai", tambahnya.

Ketua Gugus Tugas juga memaparkan kondisi PDP suspect atau diduga Covid-19 yang sedang dalam perawatan di ruang Isolasi RS Sultan Imanuddin (RSSI) dan RS Doris Sylvanus kondisinya sampai saat ini masih teruas di stabilkan dan terdapat 3 orang lainnya dengan kondisi fisik yang kurang stabil.

"PDP di wilayah Kalteng terdiri dari pelajar 1 orang, wiraswata sebanyak 5 orang, PNS sebanyak 7 orang, profesional 1 orang dan 1 balita. Riwayat bepergian PDP yang diketahui diantaranya 1 orang pasien memilki riwayat bepergian ke Luar Negeri dan 6 orang lainnya memiliki riwayat bepergian ke daerah terjangkit", ucapnya lebih lanjut.

Guna mengantisipasi bertambahnya penyebaran Covid-19, Pemprov. Kalteng juga telah melakukan penyemprotan disenfektan di beberapa lokasi sejak tanggal 15 Maret 2020 sampai saat ini diantaranya Masjid Darussalam G. Obos 15, Pura Bukit Hindu, Bundaran Besar (CFD), Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dan Kejaksaan Tinggi.

Dalam Press release tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat Kalteng. Himbauan tersebut sesuai dengan surat edaran Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Nomor 443.2/20/BU tentang Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Copid 19 di Kalteng. (WDY/Foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook