Pemkab Kobar Kaji Tiru Pengembangan Perekonomian UMKM Ke Desa Gunting

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 24 Februari 2020 10:28, Dibaca 195 kali.


MMCKalteng - Kobar - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah bersama beberapa jajarannya mengunjungi Desa Gunting, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kunjungan yang dilaksanakan pada Senin (24/2/2020) ini ditujukan untuk melaksanakan kaji tiru pengembangan perekonomian UMKM.

Desa Gunting merupakan salah satu desa yang memiliki beragam potensi, mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, wisata desa dan geliat UMKM. Perkembangan potensi Desa Gunting salah satunya tak lepas dari pendampingan lewat CSR dari pihak perusahaan swasta yaitu PT HM Sampoerna Tbk melalui program Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC).

(Baca Juga : APPSI Kunjungi Palangka Raya Dalam Program Ekspedisi Jalur Darat 34 Provinsi)

Dikarenakan berbagai persamaan baik, secara kondisi geografis dan bidang potensialnya, maka Pemkab Kobar melalui Satuan Kerja Persangkat Daerah (SKPD) terkait melaksanakan kunjungan kali ini.

Hj Nurhidayah mengatakan jika kunjungannya kali ini adalah untuk mengetahui lebih dalam peluang kewirausahaan yang telah dilaksanakan di wilayah ini. “Hasil kaji tiru di daerah ini kita harapkan membantu kita untuk dan mengimplementasikan pola pengembangan kewirausahaan di wilayah Kotawaringin Barat,” kata Hj Nurhidayah.

Secara umum Desa Gunting memiliki potensi yang hampir sama dengan beberapa wilayah di Kobar. Desa Gunting mengembangkan beberapa sektor, seperti pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan melalui UMKM serta pariwisata. Sektor-sektor ini yang saat ini oleh Hj Nurhidayah terus didorong untuk dikembangkan menjadi sasaran-sasaran pembangunan dalam visi dan misinya.

“Kami memiliki salah satu misi yaitu penguatan kemandirian ekonomi yang berbasis pada pertanian dalam arti luas, kalautan, industri, serta pengelolaan potensi daerah dan sumber energi melalui infrastruktur dan mempertahankan lingkungan hidup, untuk itulah sektor-sektor perekonomian berbasis kerakyatan terus kita galakkan,” lanjut Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga berkomitmen untuk mewujudkan iklim usaha dan membuka kesempatan berusaha seluas-luasnya melalui pendampingan dan akses terhadap sumber daya produktif untuk kesempatan yang terbuka dari potensi yang tersedia. (prokom kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook