TGC dan RSSI Lakukan Simulasi Penanganan Virus Corona

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 01 Februari 2020 10:12, Dibaca 510 kali.


MMC Kalteng - TGC (Tim Gerak Cepat) P2 Virus Corona yang terdiri dari Rumah Sakit Umum Daerah Pangkalan Bun, Dinas Kesehatan Kobar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menggelar simulasi penanganan virus corona yang telah menjadi pandemi global, Jum’at (31/1/2020).

Simulasi yang dilakukan mulai dari gerbang kedatangan Bandara Lanud Iskandar Pangkalan Bun, suspect yang sudah dideteksi melalui thermal scan akan segera dibawa ke ruang isolasi yang ada di bandara, kemudian akan dilakukan pemeriksaan awal oleh petugas. Apabila orang yang diduga terjangkit virus corona, akan segera di bawa ke RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dan dibawa ke ruang perawatan isolasi corona.

(Baca Juga : Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Kobar Bertambah)

Petugas yang menangani akan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) mulai dari google glass, sarung tangan, pakaian khusus dan sepatu boots.

Disampaikan direktur RSSI, dr. Fachruddin dalam press conference yang dilakukan di RSSI mengatakan bahwa dalam mengantisipasi virus corona yang sudah menjadi pandemik global ini, RSSI sudah menyiapkan sarana dan prasarana mulai dari ruangan isolasi, APD bagi petugas dan transportasi khusus pasien atau orang yang di duga tertular virus corona.

“Nanti akan kita tambahkan lagi kuantitasnya, apabila virus ini benar-benar ada di Kobar, khususnya Pangkalan Bun. Tetapi mudah-mudahan saja hal itu tidak terjadi di sini," imbuhnya.

Menurut Dokter Spesialis Paru RSSI Pangkalan Bu, dr. Aziz, Sp.P, Virus corona ini sebenarnya belum ada panduan resmi bagaimana cara penanganannya, namun tetap bisa mendeteksi dan menangani apabila ada suspect virus ini.

“Nantinya kita akan mengirimkan sampel kepada Litbangkes yang ada di pusat untuk diperiksa apakah pasien ini positif terjangkit virus corona," pungkas dr. Aziz. (rssi pangkalan bun)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook