Bekal Terbitkan Buletin Sekolah, SMA Negeri 1 Palangka Raya Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kontribusi dari Rikah Mustika, 27 Januari 2020 13:42, Dibaca 164 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - SMA Negeri 1 Palangka Raya sudah saatnya memiliki tim jurnalis dan segera  membentuk tim penyusun buletin sekolah. Hal itu dikemukakan oleh kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin pada  pidato sambutan pembukaan Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya di Ruang Rapat SMA Negeri 1 Palangka Raya, Senin (27/1/2020).

“Setelah kegiatan pelatihan ini, saya ingin para siswa segera membentuk tim jurnalis dan segera membentuk tim penyusun buletin sekolah. Kegiatan jurnalistik akan masuk dalam kegiatan ektrakurikuler yang merupakan wadah untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya dalam bidang menulis berita atau informasi ke media massa baik cetak maupun elektronik,” kata beliau.

(Baca Juga : Pemerintah Tinjau Pameran Sekolah Tingkat Model)

Selanjutnya mantan kepala SMA Negeri 5 Palangka Raya ini  juga menyampaikan, setiap karya jurnalistik siswa yang dipublikasikan di media massa akan diapresiasi oleh pihak sekolah.

“Setiap karya jurnalistik  siswa yang dipublikasikan di media massa akan diapresiasi oleh  pihak sekolah. Pihak sekolah akan memberikan penghargaan dan respon positif.  Oleh sebab itu, para siswa  sebagai peserta kegiatan pelatihan ini haruslah memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan serius sehingga mampu menghasilkan karya-karya jurnalis yang berkualitas,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, kepala  SMA Negeri 1 Palangka Raya juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik untuk para siswa, baru pertama kali dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Jumlah peserta pelatihan  diikuti 42 peserta sebagai perwakilan siswa dari kelas X dan XI.


Febrianto Budiman sebagai narasumber pada kegiatan ini mengatakan bahwa pelatihan jurnalistik ini sebagai langkah awal dan modal dasar untuk mempersiapkan tim buletin sekolah.

“Pelatihan ini merupakan langkah awal dan modal dasar mempersiapkan  jurnalis sekolah dalam mempersiapkan tim buletin sekolah karena SMA Negeri 1 Palangka Raya berencana untuk membuat buletin sekolah,” jelasnya.

 Selajutnya pria berkacamata ini juga menyampaikan bahwa materi-materi pelatihan kali ini mencakup materi dasar jurnalistik.

“Materi pelatihan pada kegiatan ini mencakup materi dasar jurnalistik. Materi kegiatan meliputi Pengertian Berita, Struktur atau Komposisi Berita, Nilai Berita dan Praktik Menulis Berita serta Manajemen Buletin Sekolah,” imbuhnya.

Selanjutnya beliau juga mengharapkan kegiatan ini akan terus berkelanjutan dengan pertemuan-pertemuan berkala untuk berdiskusi dalam rangka memantapkan kemampuan jurnalistik para siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya.

“Saya ingin kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada hari ini saja. Kita akan tetap melakukan pertemuan berkala dengan para siswa untuk berdiskusi dalam rangka mengasah dan mengasuh agar kemampuan jurnalistik adik-adik ini betul-betul bagus dan mantap. Saya siap meluangkan waktu jika pihak sekolah masih membutuhkan diri saya dalam membina adik-adik ini,” tambahnya.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB di ruang rapat. Kegiatan ini terlaksana dengan tertib dan lancar. Para peserta kegiatan  banyak menyampaikan berbagai pertanyaan dan berdiskusi seputar permasalahan jurnalistik. Pada akhir kegiatan pelatihan, 10 karya jurnalistik terbaik  dari sesi praktik  mendapat  apresiasi dari  narasumber. Kepada masing-masing siswa yang karyanya dianggap baik diberi satu buah flashdisk. (Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook